Kurangi Sampah Plastik, Resta Pendopo Km 456 Jalankan Program Inovasi Lingkungan

Kompas.com - 15/08/2022, 16:00 WIB


JAKARTA,KOMPAS.com - Tempat peristirahatan dan destinasi wisata milik PT Astari Marga Sarana, Resta Pendopo Km 456, terus menghadirkan berbagai inovasi terbaru. Salah satunya untuk pengurangan dan pengelolaan sampah.

Pada tahun 2022, sejumlah program inovasi lingkungan telah dijalankan tim Resta Pendopo Km 456. Mulai dari menghadirkan bank sampah plastik, pembuatan eco enzim, dan pemanfaatan teknologi digital dalam pemesanan makanan di UMKM.

Dalam melaksanakan program bank sampah plastik, Resta Pendopo Km 456 menyediakan kotak yang disebut rebox, yang berlokasi di UMKM A&B (lantai 2). Rebox akan digunkan sebagai tempat mengumpulkan sampah kemasan air minum berbahan plastik dari pengunjung.

Baca juga: Ada 1.850 UMKM Jualan di Rest Area Jalan Tol, Di Mana Terbanyak?

Kemasan air minum berbahan plastik yang terkumpul di Resta nantinya disalurkan ke pengepul sampah. Sejak dimulai pada akhir bulan April sampai sekarang, sudah terkumpul 47 kg sampah kemasan air minum plastik.

Presiden Direktur PT Astari Marga Sarana Michale Atmoko mengatakan, selain menghadirkan bank sampah plastik, Resta Pendopo Km 456 juga menjalankan program inovasi pengelolaan sampah, yakni pembuatan eco enzim. 

"Aktivitas ini merupakan kegiatan pemanfaatan limbah kulit buah menjadi cairan eco enzim dan sudah berlangsung sejak Februari 2022," ujar Michale dalam rilis yang diterima Kompas.com. 

Dikatakan, melalui proses eco enzim, pengolahan sisa kulit buah akan menghasilkan cairan pembersih lantai serta pupuk tanaman yang dapat dimanfaatkan di Rest Area

Selain itu, Resta Pendopo Km 456 juga berinovasi dan memanfaatkan teknologi digital dalam pemesanan makanan di gerai UMKM untuk mengurangi penggunaan kertas.

Diapit oleh lima gunung ikonik di Jawa Tengah, Resta Pendopo Km 456 yang terletak di ruas Jalan Tol Trans-Jawa arah Semarang-Solo terus berinovasi untuk menghadirkan fasilitas-fasilitas terbaik bagi pengunjungnya.

Mengusung konsep One stop services under one roof, Resta Pendopo Km 456 menawarkan fasilitas yang lengkap, mulai dari berbagai gerai kuliner, pusat oleh-oleh, hingga gerai fashion.

Baca juga: Khusus UMKM, Segini Aturan Harga Sewa Lapak di Rest Area Jalan Tol

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.