Atasi Kemiskinan Ekstrem Papua Tengah, 60 Rumah Dapat Bantuan Rp 40 Juta

Kompas.com - 12/08/2022, 12:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyalurkan anggaran Rp 2,4 miliar melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Kabupaten Deiyai, Provinsi Papua Tengah.

Jumlah bantuan ini untuk membedah 60 unit rumah tidak layak huni (RTLH) dalam rangka  penanganan kemiskinan ekstrem (PKE).

Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengungkapkan, ini merupakan bagian dari program BSPS.

Baca juga: 60 Hunian di Papua Tengah Dapat Bantuan Bedah Rumah, Total Rp 2,4 Miliar

"Jika rumah masyarakat sudah layak huni, maka mereka bisa tinggal dengan aman, nyaman dan sehat,” ungkap Iwan dalam rilis, Jumat (12/8/2020).

Pemerintah akan terus mendorong percepatan penurunan kemiskinan ekstrem yang ditargetkan menjadi 0 persen pada 2024.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat kemiskinan ekstrem Indonesia saat ini mencapai 4 persen dari jumlah penduduk atau 10,86 juta jiwa.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Papua I Ditjen Perumahan Kementerian PUPR Faisal Soedarno menjelaskan, bantuan ini sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan rumah layak huni.

Selain itu, juga mendorong Padat Karya Tunai (PKT) agar mampu memberikan penghasilan juga bagi para pekerja yang mengerjakan rumah-rumah tersebut.

Program PKT ini dinilai penting untuk mengatasi dampak dari Pandemi Covid-19 dan bentuk perhatian pemerintah pusat kepada pemerintah daerah.

Baca juga: Mulai Tahun 2022, Bedah Rumah di Kota Medan Dimulai dari Nol

Ini khususnya bagi masyarakat yang membutuhkan sehingga rumahnya menjadi layak huni, lebih sehat, serta lebih nyaman.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.