Kompas.com - 12/08/2022, 10:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia tengah gencar membangun sejumlah proyek infrastruktur seperti jalan tol, bandara, pelabuhan, bendungan, dan kawasan ekonomi khusus.

Bahkan tahun ini terdapat proyek pengembangan smelter terintegrasi yang masuk dalam program Proyek Strategis Nasional (PSN).

Sebagaimana diketahui, tahun ini, pemerintah telah memasukkan 13 proyek ke dalam daftar PSN terbaru tahun 2022.

Penetapan itu termaktub di dalam Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 9 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Perubahan Daftar Proyek Strategis Nasional.

Baca juga: Jadi Juara Nasional, Gunawan Wakili Indonesia di Kompetisi Operator Alat Berat Asia

Ke-13 PSN tersebut adalah Proyek Palapa Ring Integrasi, Nasional; Pembangunan Kelapa Dalam dan Industri Turunannya di Papua Barat; Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Ir H Djuanda/Jatiluhur II di DKI Jakarta dan Jawa Barat; dan Proyek Pariwisata Seribu Pulau Kepulauan Seribu di DKI Jakarta.

Kemudian Infrastruktur Kereta Api Logistik di Kalimantan Timur; Pembangunan Kawasan Industri Indonesia Konawe Industrial Park (IKIP) di Sulawesi Tenggara; Pembangunan Bendungan Rukoh dan Bangunan Pengarah Bendungan Rukoh (Aceh); dan Program Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Selanjutnya Pembangunan PLTS Skala Besar di Kepulauan Riau (Program Ketenagalistrikan); Integrasi Grup PT Perkebunan Nusantara (PTPN) melalui pembentukan SugarCo, PalmCo, dan SupportingCo (Program Revitalisasi Industri Gula Nasional dan Hilirisasi Industri Kelapa Sawit).

Berikutnya Proyek Pengembangan Smelter Terintegrasi PT Vale Indonesia di Bahodopi, Sulawesi Tengah (Program Pembangunan Smelter); Proyek Pengembangan Smelter Terintegrasi PT Vale Indonesia di Pomala, Sulawesi Tenggara (Program Pembangunan Smelter); dan Smelter Nikel Baterai Listrik di Halmahera Timur, Maluku Utara (Program Pembangunan Smelter).

Tentu saja, gencarnya pembangunan fisik ini mendorong terjadinya peningkatan permintaan akan alat beratDan ini disambut sangat antusias oleh para pemangku kepentingan stakeholders terkait.

PT Trakindo Utama, contohnya. Perusahaan Nasional yang telah lebih dari setengah abad berkecimpung di bisnis dan industri alat berat ini memandang masa depan Indonesia positif dan sangat menjanjikan.

Baca juga: 26 Operator Alat Berat Uji Kemahiran di Ajang Caterpillar GOC Bali

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.