Kompas.com - 11/08/2022, 06:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 26 peserta dari seluruh Indonesia mengikuti kegiatan rutin Caterpillar Global Operator Challenge (GOC), yang digelar PT Trakindo Utama di Gianyar, Bali.

Mereka memeragakan seluruh kemampuan terbaiknya menguasai mesin alat berat terkini yang digunakan untuk menguji sejauh mana tingkat kapasitas, dan kapabilitasnya.

Taufik Hidayat, contohnya. Operator Caterpillar asal Jambi ini dengan lihai mengendalikan Medium Wheel Loaders Cat 966GC meliuk-liuk di jalur sempit dengan mulus tanpa menjatuhkan satu pun rubber cone yang menjadi penanda batas jalur.

Baca juga: Trakindo Gelar Kompetisi Operator Alat Berat Terbaik Indonesia

Manager Customer Experience & Marketing Communication Trakindo Utama Derry Afifudin Adiwijaya menilai,  keahlian atau skill dari operator Indonesia sangat baik.

"Mereka menguasai teknologi, karena secara produk Caterpillar sama. Ketika mereka menguasai teknologi, jadi tidak ada bedanya dengan operator dari negara lain, baik skill maupun kemahirannya," ujar Derry menjawab Kompas.com, Rabu (10/8/2022).

Derry melanjutkan, tujuan digelarnya GOC ini adalah untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas operator yang perannya signifikan dan vital dalam operasional perusahaan untuk memastikan produktivitas tetap terjaga dan bisa mencapai standar kinerja tertinggi.

Penyelenggaraan di tingkat nasional ini merupakan bagian dari 2022 Caterpillar Global Operator Challenge,yakni kompetisi keterampilan operator alat berat untuk mencari operator terbaik di dunia.

Melalui GOC babak nasional, kemampuan dan keterampilan para operator dari berbagai daerah di Indonesia diuji.

Proses seleksi diselenggarakan dua hari yakni 10-11 Agustus 2022. Pemenang terbaik babak Nasional akan mewakili Indonesia pada kompetisi babak regional di Jepang pada bulan Oktober 2022.

Melalui proses penjurian, akan ada 3 pemenang yaitu National Winner yang menjadi wakil negara di babak regional, kemudian 1st Runner Up, dan 2nd Runner Up.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.