Jadi Juara Nasional, Gunawan Wakili Indonesia di Kompetisi Operator Alat Berat Asia

Kompas.com - 11/08/2022, 22:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Gunawan, operator alat berat dari PT Satria Bahama Sarana, keluar sebagai pemenang Caterpillar Global Operator Challenge (GOC) 2022 yang digelar selama dua hari 10-11 Agustus di Gianyar, Bali.

Pria asal Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, ini mampu mengalahkan 25 kompetitor lainnya.

Dia mencetak waktu tercepat 2 menit untuk seluruh tantangan yang dipertandingkan dengan menggunakan tiga alat berat yaitu Hydraulic Excavator Cat 320 GX, Mini Excavator Cat 305.5E2, dan Medium Wheel Loaders Cat 966GC.

Dengan mata berkaca-kaca dan suara bergetar, Gunawan tak menyangka bakal menjadi operator alat berat terbaik se-Indonesia

Baca juga: 26 Operator Alat Berat Uji Kemahiran di Ajang Caterpillar GOC Bali

Meski merasa bangga, namun dia mengaku tak pernah membayangkan sebelumnya akan mengalahkan lawan-lawannya di ajang yang digelar secara rutin mulai 2019 lalu ini.

"Bangga, terharu meraih juara satu, tak terbayangkan," ungkap Gunawan menjawab Kompas.com, usai malam pengumuman pemenang GOC 2022, Kamis (11/8/2022).

Kendati demikian, ada satu yang pelajaran yang bisa dipetik dari kiprahnya dalam kompetisi kali ini yakni jiwa yang semangat dan nothing to lose.

"Saya bertanding dengan jiwa semangat dan hati plong. Saya persiapkan diri dengan baik. Kemampuan sehari-hari di lapangan, saya terapkan di lokasi pertandingan," tuturnya yang sudah bergelut dengan alat berat sejak 1996.

Hal ini sebagaimana diungkapkan Anggota Dewan Juri GOC 2022 yang juga merupakan Senior Operator Trainer Trakindo Utama Fathul Habir.

Menurutnya, kemampuan Gunawan tak diragukan. Kemahirannya mengendalikan dan menguasai alat berat berteknologi tinggi demikian sempurna.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.