Belum Bebas Utang, Evergrande Batalkan Proyek Pembangunan Stadion Guangzhou FC

Kompas.com - 07/08/2022, 13:29 WIB

JAKARTA,KOMPAS.con - Raksasa properti China, Evergrande Group resmi membatalkan pembangunan stadion sepakbola Guangzhou FC. Klub sepakbola ini diketahui merupakan milik perusahaan. 

Seperti dikutip dari BBC, keputusan Evergrande ini berkaitan dengan masalah utang yang masih membelit perusahaan.

Bila kontrak untuk pembelian tanah ini dibatalkan, maka Evergrande akan mendapatkan pengembalian dana sebesar 818 juta Dolar AS atau setara dengan Rp 12,2 triliun.

Dalam keterbukaan informasi di bursa saham Hong Kong pada Kamis (4/8/2022) malam, Evergrande mengatakan ini berkaitan dengan masalah likuiditas. 

Baca juga: Anak Perusahaan Evergrande Wajib Lunasi Utang Rp 16,05 Triliun

"Masalah likuiditas perusahaan memengaruhi perkembangan dan konstruksi (di Guangzhou)". ungkap Evergrande. 

Pembangunan stadion ini sebenarnya dimulai lebih dari dua tahun lalu tetapi tertunda karena masalah keuangan Evergrande.

Uang dari kesepakatan kontrak ini akan digunakan perusahaan untuk melunasi utang yang saat ini diketahui berjumlah Rp 4.249 triliun.

Padahal sebelumnya Evergrande berjanji pembangunan stadion Guangzhou Evergrande akan berlanjut meskipun ada masalah utang.

Menurut Evergrande, pembatalan ini menyebabkan tanah, bangunan, dan barang-barang lain yang terkait dengan stadion akan menjadi milik Biro Perencanaan Kota dan Sumber Daya Alam Guangzhou.

Pada April 2020, perusahaan mengeluarkan dana sebesar 1 miliar Dolar AS (Rp 14,9 triliun) untuk menggunakan tanah dan konstruksi pada proyek tersebut.

Baca juga: Terlilit Kasus Keuangan, Dua Petinggi China Evergrande Mengundurkan Diri

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.