Kompas.com - 07/08/2022, 07:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jembatan Merah Putih di Ambon, Provinsi Maluku, adalah salah satu jembatan terpanjang di Indonesia.

Jembatan ini membentang sepanjang 1,140 kilometer dengan lebar 22,5 meter dan menjadi penghubung Desa Galala dan Desa Poka.

Melansir laman resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Sabtu (6/8/2022), hal tersebutlah yang menyebabkan Jembatan Merah Putih pada awalnya dinamai Jembatan Galala Poka.

Akan tetapi, warga Desa Rumah Tiga yang wilayahnya juga dilewati oleh Jembatan Merah Putih merasa keberatan dengan nama tersebut.

Pasalnya, warga Desa Rumah Tiga merasa bahwa mereka tidak ikut dicantumkan dalam nama jembatan

Baca juga: Jembatan Kaca Seruni Point Kuat Tampung 100 Orang

Menjawab penolakan, Kementerian PUPR lalu mengadakan rapat bersama Gubernur Maluku, Bappenas, DPRD dan masyarakat ketiga desa bersangkutan untuk mencari solusi penamaan jembatan.

Berdasarkan hasil rapat, jembatan tersebut pada akhirnya dinamai Jembatan Merah Putih karena Maluku merupakan salah satu dari 8 provinsi pertama yang sudah ada sejak Indonesia merdeka.

Pembangunan Jembatan Merah Putih dimulai sejak 17 Juli 2011 dan baru diresmikan pada 4 April 2016 oleh Presiden Joko Widodo.

Kehadiran jembatan ini memberikan sejumlah manfaat, seperti mempercepat waktu tempuh dari Bandara Pattimura menuju pusat Kota Ambon yang awalnya 60 menit menjadi 20 menit.

Di sisi lain, Jembatan Merah Putih terbagi menjadi 3 bagian meliputi jembatan pendekat di Desa Poka 520 meter, di sisi Desa Galala 320 meter dan jembatan utama 300 meter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.