Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita di Balik Penamaan Jembatan Merah Putih Ambon

Kompas.com - 07/08/2022, 07:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jembatan Merah Putih di Ambon, Provinsi Maluku, adalah salah satu jembatan terpanjang di Indonesia.

Jembatan ini membentang sepanjang 1,140 kilometer dengan lebar 22,5 meter dan menjadi penghubung Desa Galala dan Desa Poka.

Melansir laman resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Sabtu (6/8/2022), hal tersebutlah yang menyebabkan Jembatan Merah Putih pada awalnya dinamai Jembatan Galala Poka.

Akan tetapi, warga Desa Rumah Tiga yang wilayahnya juga dilewati oleh Jembatan Merah Putih merasa keberatan dengan nama tersebut.

Pasalnya, warga Desa Rumah Tiga merasa bahwa mereka tidak ikut dicantumkan dalam nama jembatan

Baca juga: Jembatan Kaca Seruni Point Kuat Tampung 100 Orang

Menjawab penolakan, Kementerian PUPR lalu mengadakan rapat bersama Gubernur Maluku, Bappenas, DPRD dan masyarakat ketiga desa bersangkutan untuk mencari solusi penamaan jembatan.

Berdasarkan hasil rapat, jembatan tersebut pada akhirnya dinamai Jembatan Merah Putih karena Maluku merupakan salah satu dari 8 provinsi pertama yang sudah ada sejak Indonesia merdeka.

Pembangunan Jembatan Merah Putih dimulai sejak 17 Juli 2011 dan baru diresmikan pada 4 April 2016 oleh Presiden Joko Widodo.

Kehadiran jembatan ini memberikan sejumlah manfaat, seperti mempercepat waktu tempuh dari Bandara Pattimura menuju pusat Kota Ambon yang awalnya 60 menit menjadi 20 menit.

Di sisi lain, Jembatan Merah Putih terbagi menjadi 3 bagian meliputi jembatan pendekat di Desa Poka 520 meter, di sisi Desa Galala 320 meter dan jembatan utama 300 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com