Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Cuka Efektif untuk Menghilangkan Jamur di Rumah?

Kompas.com - 07/08/2022, 11:01 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Pertumbuhan jamur merupakan salah satu masalah umum yang banyak ditemui dalam sebuah hunian.

Beberapa bagian rumah seperti kamar mandi, dapur atau ruang cuci merupakan area yang rentan terkena serangan jamur lantaran tingkat kelembaban yang tinggi.

Jamur biasanya bisa mudah dibersihkan namun pada beberapa kasus lain, pembersihan jamur cukup sulit dan butuh bantuan tenaga profesional.

Area pertumbuhan jamur yang lebih kecil dan sudah teridentifikasi sejak dini bisa dibersihkan sendiri oleh penghuni rumah.

Baca juga: Ternyata, Jamur Bisa Dibuat Jadi Material Pengganti Beton

Salah satu bahan efektif yang direkomendasikan adalah cuka putih. Selain mudah didapatkan, cuka juga aman bagi lingkungan dan manusia.

Namun harus diingat, cuka yang digunakan adalah yang memiliki kadar asam asetat sekitar 4 persen atau 4,2 persen. Cuka juga hanya bisa digunakan pada area yang infeksi jamurnya masih tergolong ringan.

Ketika Anda menemukan koloni kecil jamur, area tersebut harus segera dibersihkan. Area kecil tersebut dapat meledak menjadi besar hanya dalam beberapa hari.

Setiap area dengan kelembaban tinggi atau dengan kemungkinan kebocoran harus dibersihkan dan diperiksa setidaknya setiap minggu sekali.

Cuka putih dapat digunakan dengan aman pada sebagian besar permukaan berpori dan tidak berpori.

Untuk mulai membersihkan jamur, kenakanlah pelindung mata, masker N-95, dan sarung tangan karet. Hal ini karena beberapa jamur dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang.

Buka pintu dan jendela dan nyalakan kipas pembuangan di kamar mandi atau dapur sebelum Anda mulai membersihkan.

Setelah itu, tuangkan cuka murni ke dalam botol semprot dan mulaihlah penyemprotan ke permukaan yang berjamur. 

Baca juga: 5 Tips Jitu Cegah Pertumbuhan Jamur Saat Musim Hujan

Biarkan cuka tetap berada di permukaan tersebut setidaknya selama satu jam. Setelah itu, bilas menggunakan spons yang telah dicelupkan ke dalam air bersih.

Bilas spons sesering mungkin. Untuk permukaan vertikal, mulailah dari atas dan turunkan untuk menghindari adanya tetesan.

Setelah itu, biarkan permukaan hingga kering. Bila masih ada jamur yang tersisa, ulangi langkah pembersihan sekali lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com