Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Mudah Basmi dan Cegah Pertumbuhan Jamur Saat Musim Hujan

Kompas.com - 20/01/2022, 17:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Selain banjir, dampak buruk hujan dalam beberapa hari berturut-turut adalah munculnya jamur di sudut, dinding, bahkan perabotan rumah.

Pada aspek kesehatan, jamur yang tumbuh di area rumah bisa menyebabkan sindrom iritasi usus besar, kelelahan hingga semua jenis sakit kepala.

“Singkatnya, semua jenis jamur harus dihindari karena ada kemungkinan menyebabkan efek kesehatan yang parah,” jelas ahli mikologi Dr Heike Neumeister-Kemp, dilansir dari ABC, Kamis (20/1/2022).

Baca juga: Ikuti Panduan CDC Cegah Rumah Ditumbuhi Jamur Pasca-banjir

Sedangkan pada aspek lain, jamur yang berkembang di permukaan benda dan sudut rumah dapat mengakibatkan kerusakan barang dan tampilan yang tidak sedap dipandang.

Melansir The Spruce, pertumbuhan jamur dimulai dari koloni bubuk abu-abu atau putih yang akan segera berubah warna menjadi hitam atau cokelat jika tidak segera dihilangkan.

Sehingga untuk menguji apakah suatu permukaan benda tertutup oleh jamur atau hanya kotoran, oleskan noda tadi dengan kapas yang dicelupkan ke dalam pemutih klorin.

Apabila noda tersebut memudar dalam waktu dua atau tiga menit, maka noda tadi adalah jamur.

Selain itu, keberadaan jamur juga bisa ditandai dengan bau apek di rumah. Artinya area itu memiliki konsentrasi jamur yang tinggi.

Biasanya terjadi pada daerah lembap, seperti dapur, kamar mandi atau bagian yang terkena kebocoran air hujan.

Tidak hanya itu, bau apek jamur tadi juga bisa berasal dari handuk basah, karpet atau bahkan di permukaan bantal dan guling.

Bahan alami untuk hilangkan jamur

Untuk membersihkannya, terdapat 4 bahan mudah yang diklaim mampu menghilangkan jamur, antara lain:

1. Pemutih klorin

Pemutih berbahan sodium hipoklorit atau klorin dikatakan ampuh untuk menghancurkan jamur. Bahan ini bersifat keras dan harus diencerkan terlebih dahulu sebelum digunakan.

Penting untuk berhati-hati dalam penggunaannya dan menghindari untuk menghirup bau yang ditimbulkan. Bahan ini juga tidak boleh dikombinasikan dengan ammonia.

Kendali dinilai ampuh, Dr Neumeister-Kemp mengatakan bahwa pemutih hanya menghilangkan warna dari jamur sehingga tidak direkomendasikan untuk digunakan.

Bleach bleaches. Itu menghilangkan warna dari jamur dan memberinya makan sehingga sama sekali tidak direkomendasikan,” ujar Dr Neumeister-Kemp.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com