Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Taman Literasi Martha Christina Tiahahu Dibuka, Tiga Hal Ini Patut Disiapkan

Kompas.com - 25/07/2022, 16:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek pembangunan Taman Literasi Martha Christina Tiahahu sudah mencapai 87 persen. Progres itu tercatat per 18 Juli 2022 lalu.

Sebagaimana melansir dari laman MRT Jakarta pada Senin (25/07/2022), dengan progres tersebut, revitalisasi taman menyisakan pekerjaan seperti instalasi listrik dan arsitektural.

Pembangunan Taman Literasi Martha Christina Tiahahu yang dicanangkan pada Oktober 2021 lalu, targetnya sudah selesai konstruksi akhir Juli 2022.

Seiring akan rampungnya pengerjaan, terdapat tiga hal utama yang perlu diperthatikan ketika nanti Taman Literasi Martha Christina Tiahahu dibuka.

Baca juga: Mengenal Kawasan Dukuh Atas, Venue Citayam Fashion Week

Direktur Utama PT Integrasi Transit Jakarta (ITJ) Aidin Barlean menyampaikan, hal pertama yang dimaksud yakni kegiatan bersama komunitas.

"Kami sedang merangkul komunitas-komunitas yang ada di sekitar kawasan ini agar dapat bersama-sama mendukung dan menjaga keberadaan taman ini ke depannya," ujarnya.

Kedua, ITJ akan melakukan kerja sama bisnis untuk kegiatan tertentu atau untuk gerai-gerai retail yang nantinya akan mengisi tempat ini.

"Kerja sama bisnis ini dibutuhkan agar biaya operasionalnya tidak terlalu membebankan APBD DKI Jakarta," katanya.

"Dan ketiga, pengelolaan kawasan taman sebagai antisipasi keramaian pengunjung," pungkas Aidin Barlean.

Baca juga: Progres Enam Kawasan TOD MRT Jakarta, Hanya Satu yang Belum Dikerjakan

Untuk diketahui, taman yang dibangun pada 1948 ini merupakan bagian dari rencana pengembangan kawasan berorientasi transit Blok M-Sisingamangaraja.

Taman Literasi Martha Christina Tiahahu memiliki luas sekitar 9.170 meter persegi. Dilengkapi dengan fitur-fitur seperti paviliun literasi, selasar pandang, galeri, amphitheater, taman plaza, taman bermain, forest walk, hingga kolam teratai.

Kemudian, akan tersedia pula sejumlah fasilitas pendukung seperti perpustakaan, ruang baca, ruang diskusi, toko buku, kedai kopi, musala, dan kantor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com