Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Kawasan Dukuh Atas, "Venue" Citayam Fashion Week

Kompas.com - 24/07/2022, 21:40 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Akhir-akhir ini Kawasan Dukuh Atas dipenuhi lautan manusia. Potret ini terjadi seiring viralnya Citayam Fashion Week.

Hanya bermodalkan zebra cross, ajang street fashion ini sangat menyita perhatian, sehingga masyarakat berbondong-bondong mengunjunginya.

Tak hanya para remaja Sawangan, Citayam, Bojonggede, dan Depok atau "SCBD" dan warga seputaran Jakarta Raya, sejumlah figur publik juga memanfaatkannya untuk kembali meraup popularitas.

Baca juga: Akan Ada Bike Lounge di Dukuh Atas, Apa Saja Fasilitasnya?

Lantas, seperti apa Kawasan Dukuh Atas?

Mengutip dari laman Ensiklopedia Jakarta Tourism milik Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Dukuh Atas merupakan salah satu kawasan perkampungan di Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Lokasinya strategis karena berada di dekat pusat bisnis Ibu Kota Jakarta. Dekat dengan Jalan Jenderal Sudirman dan Bundaran Hotel Indonesia.

Sejak tahun 1960, Dukuh Atas memang sudah menjadi kawasan kehidupan malam yang melayani kebutuhan masyarakat menengah ke atas. Seiring adanya sejumlah bar dan night club.

Dahulu kala di kawasan ini terdapat sebuah stasiun kereta api yang bernama Stasiun Dukuh Atas, namun kini bernama Stasiun Sudirman.

Taman Dukuh Atas yang berada di atas Stasiun Dukuh Atas BNI.Dok. MRT Jakarta Taman Dukuh Atas yang berada di atas Stasiun Dukuh Atas BNI.

Ada Apa Saja di Sekitaran Kawasan Dukuh Atas?

Apabila merujuk Google Maps, lokasi Citayam Fashion Week yang berada di Kawasan Dukuh Atas terdapat gedung perkantoran, restoran, kafe, minimarket, hingga hotel.

Di samping itu, terdapat pula Taman Dukuh Atas. Lokasinya berada di atas Stasiun Dukuh Atas BNI untuk MRT Jakarta.

Ruang terbuka inilah yang menjadi rujukan para "peserta" maupun pengunjung Citayam Fashion Week.

Taman Dukuh Atas berdekatan dengan Stasiun Dukuh Atas BNI. Juga bersinggungan dengan Stasiun Sudirman, Stasiun BNI City, hingga Halte TransJakarta.

Selain itu, terdapat pula Terowongan Jalan Kendal yang artistik. Semula sebagai akses kendaraan bermotor, kini menjadi akses pejalan kaki yang menghubungkan Stasiun MRT Dukuh Atas BNI, Stasiun Sudirman, dan Stasiun BNI City.

Transportasi Publik di Kawasan Dukuh Atas

Kawasan Dukuh Atas dikelilingi sarana transportasi publik yang lengkap. Mulai dari KRL, MRT, TransJakarta, bahkan kereta bandara.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com