Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Teten: Rest Area Km 260B Banjaratma Paling Keren!

Kompas.com - 15/07/2022, 21:15 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menilai Rest Area Km 260B Banjaratma di Brebes, Jawa Tengah (Jateng), merupakan rest area paling keren saat ini.

Hal tersebut disampaikan Menteri Teten dalam sambutannya saat acara penandatanganan Nota Kesepahaman untuk penguatan UMKM di Rest Area Heritage Km 260B Banjaratma, Jumat (15/7/2022).

“Kami pilih acaranya di sini karena rest area ini paling keren. Kita sering mendapatkan cerita kalau teman-teman ke Jawa Tengah, pasti ingin datang ke sini,” ujarnya.

Baca juga: Khusus UMKM, Segini Aturan Harga Sewa Lapak di Rest Area Jalan Tol

Selain keindahannya, Menteri Teten mengatakan rest area ini juga bisa dijadikan sebagai role model atau panutan karena sangat memperhatikan pemilik UMKM.

Gerai kuliner dan UMKM di Rest Area KM 260BDok. Rest Area KM 260B Gerai kuliner dan UMKM di Rest Area KM 260B

Rest area ini harus dijadikan role model. Manajemen rest area di sini selalu memberikan kemudahan bagi UMKM termasuk pembebasan sewa pada awal beroperasi dan memberikan keringanan sewa 50 persen pada saat pandemi Covid-19,” tambahnya.

Baca juga: Rest Area, Momok Kemacetan Lalin Masa Mudik Lebaran

Senada dengan Menteri Teten, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo juga mengakui keindahan rest area yang sudah ada sejak tahun 2019 tersebut.

“Dulu ini rumah hantu. Begitu dibangun, ini jadi keren banget,” jelas Ganjar.

Dikutip dari laman BPJT Kementerian PUPR, rest area ini dulunya merupakan bekas pabrik gula Banjaratma. Saat direnovasi, bagian fasad yang terbuat dari batu bata tetap dipertahankan.

Fasilitas Rest Area Heritage Km 260B Banjaratma ini antara lain SPBU, area parkir yang luas, masjid, mushala, toilet, hingga kios makanan dan minuman.

Wahana Srodotan Donat di Rest Area KM 260B yang menjadi favorit pengunjungDok. Rest Area KM 260B Wahana Srodotan Donat di Rest Area KM 260B yang menjadi favorit pengunjung

Selain itu, sudut-sudut rest area dimanfaatkan sebagai tempat memajang berbagai mesin peninggalan masa lalu, salah satunya mesin penggiling tebu dan bekas tungku.

Ada juga fasilitas untuk tempat bermain anak-anak yakni wahana seluncuran atau perosotan panjang bernama Srodotan Donat, yang bahkan bisa digunakan orang dewasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com