Kompas.com - 08/07/2022, 10:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) dan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk bekerja sama dalam mendukung percepatan digitalisasi infrastruktur di Indonesia, terutama di daerah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T).

Kerja sama tersebut diwujudkan dalam penandatanganan memorandum of understanding (MoU) atau nota kesepahaman antara keduanya, Kamis (7/7/2022).

Ruang lingkup nota kesepahaman ini tidak terbatas pada kajian terhadap digital connectivity yang meliputi jaringan infrastruktur, komunikasi berbasis digital, dan data center, namun beberapa hal lainnya.

Ini dimulai dari digital platform berupa infrastruktur data center, hardware & software, security, storage, cloud, disaster recovery center, big data, IoT, automation, dan business intelligent).

Selanjutnya, digital services (smart ecosystem solution, financial technology, ERP system, contact center, advertising, sertifikasi dan training, assessment, dan IT outsourcing).

Lalu, ada sinergi pembangunan ekosistem digital lainnya berupa kawasan pintar, bangunan pintar, rumah pintar, dan toll gate system (sistem gerbang tol).

Baca juga: Tiga Proyek EPC Kelar Dikerjakan Hutama Karya

Sementara itu, terdapat kolaborasi dan sinergi aktivitas lainnya terkait potensi digital sumber daya perusahaan yang sesuai dengan kapabilitas masing-masing pihak.

Direktur Enterprise and Business Service Telkom Edi Witjara menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan Hutama Karya kepada Telkom untuk bersinergi dan bekerja sama.

Hal ini dinilai sejalan dengan apa yang sedang Telkom lakukan untuk terus bertransformasi menjadi digital telecommunication company yang kompeten.

“Dengan kapabilitas yang dimiliki, kami siap berkolaborasi dengan Hutama Karya untuk mendukung percepatan digitalisasi infrastruktur Indonesia serta mendukung visi Hutama Karya sebagai pengembang infrastruktur terkemuka Indonesia,” ujarnya dalam rilis, Jumat (8/7/2022).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.