Tugu Monas Kembali Dibuka, Lansia dan Difabel Tidak Dipungut Biaya

Kompas.com - 03/07/2022, 07:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tugu Monumen Nasional (Monas) kembali dibuka untuk kunjungan publik pada Jumat (1/7/2022).

Adapun sebelumnya, kawasan Monas telah kembali dibuka terlebih dahulu pada Kamis (16/6/2022).

Melansir unggahan akun Instagram resmi Monas @monumen.nasional, lansia lebih dari 60 tahun, difabel dan pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) yang ber-KTP DKI Jakarta tidak dipungut biaya atau gratis masuk ke Tugu Monas.

Namun fasilitas gratis bagi lansia, difabel dan pemegang KJP hanya diperbolehkan untuk mengakses Museum Sejarah Nasional, Ruang Kemerdekaan dan Pelataran Cawan saja.

Sementara untuk masyarakat lain yang berkeinginan mengunjungi Tugu Monas wajib melakukan pendaftaran secara online yang dapat dilakukan pada H-1 atau hari kunjungan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Monumen Nasional (Monas) (@monumen.nasional)

 

Baca juga: Belum Sepekan Dibuka, Monas Catat Puluhan Ribu Pengunjung

Masuk ke Tugu Monas hanya bisa menggunakan kartu yang diterbitkan oleh Bank DKI atau Jakcard. Jakcard dijual di loket Monas dan bisa digunakan untuk banyak orang.

Harga Jakcard adalah Rp 15.000 dengan saldo awal Rp 20.000. Sehingga pengunjung harus mengeluarkan biaya Rp 35.000 untuk membeli Jakcard dan diharapkan menyediakan uang pas.

Untuk biaya masuk ke Pelataran Cawan bagi pengunjung dewasa adalah Rp 5.000, anak-anak/pelajar Rp 2.000 dan mahasiswa Rp 3.000.

Tiket masuk Pelataran Cawan ini hanya bisa digunakan untuk mengakses Museum Sejarah Nasional, Ruang Kemerdekaan dan Pelataran Cawan.

Biaya masuk ke Pelataran Puncak bagi pengunjung dewasa adalah Rp 15.000, anak-anak/pelajar Rp 4.000 dan mahasiswa Rp 8.000.

Baca juga: Begini Progres MRT Jakarta Fase 2A Rute Stasiun Thamrin-Stasiun Monas

Tiket masuk Pelataran Puncak bisa digunakan untuk mengakses Museum Sejarah Nasional, Ruang Kemerdekaan, Pelataran Cawan serta Pelataran Puncak.

Diinfokan pula tiket kunjungan Pelataran Puncak Monas hanya tersedia di loket offline.

Bagi mahasiswa, wajib menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) kepada petugas loket dan taping.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.