Antisipasi Kenaikan Suku Bunga dan Harga Material, Metland Terapkan 4 Strategi

Kompas.com - 02/07/2022, 07:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Metropolitan Land Tbk atau Metland akan menerapkan empat strategi untuk mengantisipasi terjadinya kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) 7 Day Reverse Repo Rate, dan lonjakan material konstruksi.

Sebagaimana diketahui, meski suku bunga acuan masih bertahan pada angka 3,5 persen, namun sejumlah ekonom memperkirakan BI akan melakukan perubahan pada saatnya nanti.

Sementara kenaikan harga material konstruksi paling signifikan dalam kurun Januari-Juni, berdasarkan Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok Kementerian Perdagangan,  terjadi pada besi beton dan semen.

Presiden Direktur Metland Anhar Sudradjat menjelaskan, empat strategi dimaksud adalah review atas produk, harga, kemudahan cara bayar untuk konsumen, dan cara penjualan inovatif.

Review atas produk dimaksud adalah merancang hunian dengan konsep rumah tumbuh, yang memberikan kesempatan pada konsumen/penghuni untuk melakukan penambahan ruang sesuai kebutuhan.

"Ukuran luas bangunan lebih kecil, namun memungkinkan penghuni untuk menambah ruang ke atas (dua lantai), dengan harga lebih terjangkau (affordable)," ujar Anhar menjawab Kompas.com, usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Bekasi, Jumat (1/7/2022).

Keterjangkauan harga ini adalah review yang kedua, di mana Metland akan bermain di kisaran angka Rp 600 jutaan hingga maksimal Rp 2 miliar.

Seperti yang ditawarkan Klaster Samara di Metland Transyogie dengan harga perdana Rp 800 jutaan, dan Klaster Emerald di Metland Tambun seharga Rp 700 jutaan.

Selain kedua klaster ini, Perseroan juga melanjutkan pemasaran produk yang telah diluncurkan sebelumnya yakni Klaster Oxalis Tahap II di Metland Puri dengan harga mulai dari Rp 1,5 miliar, Jura Tipe B Lite Fase II di Metland Menteng dengan harga perdana mulai Rp 1,6 miliar.

Sementara review ketiga adalah kemudahan cara bayar melalui skema cicilan bebas bunga 48 bulan atau dua tahun, subsidi uang muka atau down payment (DP), hingga promo bebas BPHTB, AJB, dan provisi KPR.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.