Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/07/2022, 08:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda yang ingin mengecat rumah baru atau mengecat ulang rumah, akan dihadapkan dengan banyak pilihan produk cat.

Dua jenis cat yang paling populer saat ini water based paint atau cat berbasis air dan oil based paint atau cat berbasis minyak. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kelebihan cat berbasis air adalah lebih mudah untuk diaplikasikan dan memiliki waktu pengeringan yang lebih cepat.

Selain itu, tumpahan dan kuas bekas penggunaan cat berbasis air juga lebih mudah dibersihkan. Hanya memerlukan sabun dan air, tanpa bahan pembersih khusus.

Cat berbasis air juga memberikan hasil akhir yang tahan terhadap keretakan dari permukaan yang berkontraksi dan lebih kecil kemungkinannya untuk memudar.

Baca juga: Sesuaikan Cuaca di Indonesia, Cat Eksterior Avian Bisa Turunkan Suhu Rumah

Kendati demikian, cat berbasis air rentan terhadap kerusakan akibat benturan dan lecet. Hasil akhirnya juga tidak mengkilap seperti cat berbasis minyak.

Di sisi lain, cat berbasis minyak yang sudah lama digunakan terkenal bisa memberikan hasil mengkilap dan halus.

Permukaan dinding yang menggunakan cat berbasis minyak juga tahan terhadap faktor lingkungan, seperti perubahan suhu dan kelembapan.

Akan tetapi, cat berbasis minyak memiliki bau yang menyengat dan cukup mengganggu. Cat ini juga membutuhkan waktu lebih lama untuk mengering.

Cat berbasis minyak juga bisa mengeras dan pecah, terutama jika permukaan di bawahnya menyusut, seperti kayu. Cat berbasis minyak juga rentan berkapur dan kusam.

Baca juga: Berinovasi di Tengah Pandemi, Avitex Hadirkan Cat Anti Corona dan TBC

Sementara itu Research, Development & Innovation Director Avian Brands Angelica Tanisia Jozar mengatakan saat ini banyak orang yang sudah beralih dari cat berbasis minyak ke cat berbasis air.

"Karena namanya juga water based, dia lebih ramah lingkungan. Dengan menggunakan water based, bahan-bahan kimia yang menguap dan bisa menyebabkan masalah pernapasan maupun gangguan jantung akan jauh lebih minim," jelasnya dalam media briefing, Jumat (2/7/2022).

Selain itu cat berbasis air juga lebih ekonomis karena pengguna tidak perlu lagi membeli thinner.

"Kalau oil based kan harus beli thinner ya, kalau ini kita tinggal menggunakan air yang ada sehingga lebih ekonomis," pungkas Angel. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com