Kompas.com - 02/07/2022, 08:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda yang ingin mengecat rumah baru atau mengecat ulang rumah, akan dihadapkan dengan banyak pilihan produk cat.

Dua jenis cat yang paling populer saat ini water based paint atau cat berbasis air dan oil based paint atau cat berbasis minyak. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kelebihan cat berbasis air adalah lebih mudah untuk diaplikasikan dan memiliki waktu pengeringan yang lebih cepat.

Selain itu, tumpahan dan kuas bekas penggunaan cat berbasis air juga lebih mudah dibersihkan. Hanya memerlukan sabun dan air, tanpa bahan pembersih khusus.

Cat berbasis air juga memberikan hasil akhir yang tahan terhadap keretakan dari permukaan yang berkontraksi dan lebih kecil kemungkinannya untuk memudar.

Baca juga: Sesuaikan Cuaca di Indonesia, Cat Eksterior Avian Bisa Turunkan Suhu Rumah

Kendati demikian, cat berbasis air rentan terhadap kerusakan akibat benturan dan lecet. Hasil akhirnya juga tidak mengkilap seperti cat berbasis minyak.

Di sisi lain, cat berbasis minyak yang sudah lama digunakan terkenal bisa memberikan hasil mengkilap dan halus.

Permukaan dinding yang menggunakan cat berbasis minyak juga tahan terhadap faktor lingkungan, seperti perubahan suhu dan kelembapan.

Akan tetapi, cat berbasis minyak memiliki bau yang menyengat dan cukup mengganggu. Cat ini juga membutuhkan waktu lebih lama untuk mengering.

Cat berbasis minyak juga bisa mengeras dan pecah, terutama jika permukaan di bawahnya menyusut, seperti kayu. Cat berbasis minyak juga rentan berkapur dan kusam.

Baca juga: Berinovasi di Tengah Pandemi, Avitex Hadirkan Cat Anti Corona dan TBC

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.