Animo Tinggi, Kendaraan Tanpa Awak di BSD City Telah Dicoba Ribuan Orang

Kompas.com - 28/06/2022, 21:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak diresmikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pada 20 Mei lalu, uji coba autonomous electric vehicles (AV) atau kendaraan listrik tanpa awak ini telah dinaiki oleh ribuan orang.

Bahkan calon penumpang yang ingin mencoba kendaraan yang berlokasi di QBig BSD City tersebut rela mengantri demi merasakan pengalaman yang berbeda.

Hal tersebut disampaikan Chief Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land, Irawan Harahap dalam rilis kepada Kompas.com.

Baca juga: Budi Karya Resmikan Uji Coba Kendaraan Listrik Tanpa Awak Pertama di Indonesia

Menurutnya keputusan Sinar Mas Land menghadirkan kendaraan AV ini karena diproyeksikan akan menjadi kendaraan masa depan.

“Transportasi cerdas bertenaga listrik ini telah digunakan di berbagai negara maju dan kini kami menghadirkannya di QBig sehingga warga dan pengunjung BSD City bisa jadi yang pertama untuk mencoba teknologi ini,” ujar Irawan.

Kendaraan listrik Navya varian Arma di Qbig BSD City.Kompas.com/Suhaiela Bahfein Kendaraan listrik Navya varian Arma di Qbig BSD City.

Ia pun berharap pemerintah Indonesia dapat segera merealisasikan regulasi terkait kendaraan listrik otonom.

“Bila ada regulasi maka kendaraan listrik tanpa awak ini bisa memfasilitasi mobilitas masyarakat yang tinggi tapi tetap ramah lingkungan.” Jelasnya.

AV diketahui beroperasi setiap hari Selasa sampai dengan Minggu pukul 10.00 hingga 17.00 WIB. Masyarakat umum dapat mencoba kendaraan listrik tanpa awak secara gratis.

Calon penumpang nantinya harus melakukan pendaftaran dan mengisi survei sebelum dan sesudah menikmati kendaraan, melalui  One Smile.

Baca juga: Kendaraan Listrik Tanpa Awak Mulai Beroperasi di BSD City, Ini Rutenya

Sebagai informasi, uji coba kendaraan listrik tanpa awak ini akan dilaksanakan di QBig BSD City mulai 21 Mei 2022 hingga12 Agustus 2022.

Selanjutnya pada uji coba kedua, kendaraan direncanakanakan akan beroperasi kembali di Kawasan BSD Green Office Park pada 27 Agustus 2022 hingga 5 Januari 2023.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.