Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/06/2022, 12:15 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kota Wina, Austria, dinobatkan sebagai kota paling layak huni di dunia berdasarkan The Global Liveability Index 2022 yang dirilis oleh divisi penelitian dan analisis dari perusahaan The Economist Group, Economist Intelligence Unit (EIU).

Survei ini dilakukan sejak 14 Februari hingga 13 Maret 2022 pada 172 kota di dunia. Namun, tahun ini, kota Kyiv dikecualikan dari daftar survei sejak terjadinya invasi Rusia ke Ukraina.

Wina berada di posisi puncak dengan skor nyaris sempurna, di mana rata-rata indeks kelayakan yang didapatkan adalah 99,1.

Baca juga: Makin Banyak Megacity, Indonesia Butuh Lanskap Perencanaan Kota Layak Huni

Dalam beberapa indikator penilaian seperti stabilitas, layanan kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur, Wina mendapatkan skor 100, sedangkan pada indikator kebudayaan dan lingkungan nilainya 96,3.

Ini bukan kali pertama Wina dinobatkan menjadi kota paling layak huni di dunia. Sebelumnya pada tahun 2018 dan 2019, kota ini juga berhasil meraih predikat yang sama.

Daftar peringkat 10 besar kota paling layak dihuni masih didominasi oleh kota-kota di Eropa Barat serta beberapa kota di Kanada.

Secara umum, kota-kota yang menduduki posisi 10 besar ini mendapatkan nilai yang baik karena pembatasan Covid-19 yang berlaku tidak terlalu ketat.

Sementara itu, tiga kota yang menduduki peringkat terbawah dalam The Global Liveability Index 2022 adalah Tripoli (Libya), Lagos (Nigeria), dan Damaskus (Suriah).

Baca juga: Kota-Kota di Asia Pasifik Belum Serius Tangani Masalah Emisi Karbon

Perang, konflik, dan terorisme adalah faktor terbesar yang membuat kota-kota tersebut anjlok ke peringkat terendah dalam peringkat kelayakan.

Mendampingi tiga kota tersebut, tujuh kota lainnya yang masuk jajaran 10 besar kota yang memiliki peringkat terendah dalam indeks kelayakan kota berasal dari Timur Tengah, Asia, dan Afrika, termasuk di dalamnya Pakistan.

Berikut 10 kota di dunia yang dinilai paling layak dihuni berdasarkan The Global Liveability Index 2022 yang dirilis oleh Economist Intelligence Unit (EIU).

1. Wina, Austria. 

2. Kopenhagen, Denmark.

3. Calgary, Kanada dan Zurich, Swiss. 

5. Vancouver, Kanada. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com