Fasilitas Air Bersih Tunjang Ekonomi Wisata Petani di Bukit Pao

Kompas.com - 27/06/2022, 09:55 WIB

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Sebanyak 42 petani di lereng Bukit Pao, Kampung Dul, Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, kini bisa menikmati saluran air permanen untuk sistem pengairan mereka.

Saat ini Bukit Pao tidak hanya sebagai penghasil tanaman holtikultura, tapi juga dikembangkan sebagai desa wisata.

Ketua Kelompok Tani Hutan Bukit Pao, Suharli, mengungkapkan rasa syukur dengan adanya fasilitas air bersih tersebut. Sebelumnya petani sulit mendapatkan air karena posisi mata air jauh di atas bukit.

"Alhamdulillah, fasilitas sarana air bersih ini sangat bermanfaat bagi kami. Banyak petani hutan dan masyarakat desa Dul yang merasakan manfaatnya khususnya dalam mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari," kata Suharli, Minggu (26/6/2022).

Baca juga: Lahan Telah Siap, PTN Khonghucu Pertama di Indonesia Dibangun di Babel

Pengadaan saluran air dilakukan kelompok tani bekerja sama dengan PLN Kepulauan Bangka Belitung.

Sumber air tersebut menjadi salah satu penyokong geliat perekonomian berbasis desa di daerah Bukit Pao.

Bukit Pao berada pada gugusan perbukitan yang membentang di perbatasan Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka Tengah.

Bukit setinggi 300 meter di atas permukaan laut (Mdpl) itu kerap dijadikan lokasi camping ground, hill walking hingga pemotretan.

Dari puncak bukit, pengunjung bisa menyaksikan mata hari terbit (sunrise), rasi bintang (milky way) serta aktivitas take off dan landing pesawat di Bandara Depati Amir.

General Manager PLN UIW Bangka Belitung Amris Adnan mengatakan, pembangunan fasilitas sarana air bersih merupakan wujud kepedulian PLN terhadap kondisi lingkungan para petani hutan serta kesehatan masyarakat.

Ia berharap para petani hutan dan masyarakat penerima manfaat dapat menjaga dan merawat fasilitas tersebut agar dapat dimanfaatkan dalam waktu lama.

"Kami berharap keberadaan fasilitas sarana air bersih ini dapat memberikan banyak manfaat bagi warga Desa Dul dan Kelompok Tani Hutan Bukit Pao dalam menunjang aktivitas sehari-hari,” kata Amris.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.