Alumni ITB Ditantang Rumuskan Konsep Pariwisata, Pertambangan, dan Perikanan

Kompas.com - 19/06/2022, 13:31 WIB

BANGKA, KOMPAS.com - Tiga sektor usaha yakni pariwisata, perikanan, dan pertambangan diharapkan bisa saling berdampingan dalam pembangunan di kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Para insinyur ditantang untuk menyiapkan konsep agar tiga sektor usaha tersebut bisa saling bersinergi.

Hal itu diungkapkan saat diskusi Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA ITB) bertajuk Tribute To One Earth IA ITB Babel Mendukung G-20 di kantor PT Timah, Sabtu (18/6/2022).

"Saya ingin menggambarkan kepada dunia di Babel bisa memadukan industri pariwisata, perikanan dan pertambangan. Saya yakin ini bisa hidup berdampingan. Jangan sampai dikonotasikan ketika pariwisata hidup, tambang harus dimatikan," kata Penjabat (Pj) Gubernur Bangka Belitung Ridwan Djamaludin.

Baca juga: Lima Asosiasi Perumahan di Bangka Belitung Dukung Program Kompor Induksi

Ridwan yang juga Dewan Pengawas IA ITB Pusat mengatakan, para insinyur harus mencari solusi, khususnya alumni ITB perlu memberikan sentuhan teknologi pada kehidupan masyarakat.

"Pada dasarnya para insinyur memberikan masukan bagaimana pembangunan Babel, hal-hal teknis untuk menjaga keseimbangan industri, lingkungan dan kebutuhan masyarakat," kata Ridwan.

Ia menyebutkan, pihaknya akan menindaklanjuti berbagai masukan para insinyur ini sehingga nantinya akan dibentuk forum-forum konstruktif lainnya untuk pembangunan di Babel.

"Tadi juga membahasa roadmap industri timah, tentang menjaga lingkungan, air, masalah ketahanan pangan, dan pendidikan," ucapnya.

Dalam paparannya terkait presidensi G20, Ridwan mengajak semua pihak untuk bersinergi mensukseskan acara ini.

Menurutnya Babel harus bisa memanfaatkan kesempatan untuk mempromosikan daerah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.