Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alumni ITB Ditantang Rumuskan Konsep Pariwisata, Pertambangan, dan Perikanan

Para insinyur ditantang untuk menyiapkan konsep agar tiga sektor usaha tersebut bisa saling bersinergi.

Hal itu diungkapkan saat diskusi Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA ITB) bertajuk Tribute To One Earth IA ITB Babel Mendukung G-20 di kantor PT Timah, Sabtu (18/6/2022).

"Saya ingin menggambarkan kepada dunia di Babel bisa memadukan industri pariwisata, perikanan dan pertambangan. Saya yakin ini bisa hidup berdampingan. Jangan sampai dikonotasikan ketika pariwisata hidup, tambang harus dimatikan," kata Penjabat (Pj) Gubernur Bangka Belitung Ridwan Djamaludin.

Ridwan yang juga Dewan Pengawas IA ITB Pusat mengatakan, para insinyur harus mencari solusi, khususnya alumni ITB perlu memberikan sentuhan teknologi pada kehidupan masyarakat.

"Pada dasarnya para insinyur memberikan masukan bagaimana pembangunan Babel, hal-hal teknis untuk menjaga keseimbangan industri, lingkungan dan kebutuhan masyarakat," kata Ridwan.

Ia menyebutkan, pihaknya akan menindaklanjuti berbagai masukan para insinyur ini sehingga nantinya akan dibentuk forum-forum konstruktif lainnya untuk pembangunan di Babel.

"Tadi juga membahasa roadmap industri timah, tentang menjaga lingkungan, air, masalah ketahanan pangan, dan pendidikan," ucapnya.

Dalam paparannya terkait presidensi G20, Ridwan mengajak semua pihak untuk bersinergi mensukseskan acara ini.

Menurutnya Babel harus bisa memanfaatkan kesempatan untuk mempromosikan daerah.

Sementara itu, Direktur Utama PT Timah Tbk Achmad Ardianto mengatakan, forum IA ITB menjadi wahana untuk bisa saling bertukar gagasan dalam pembangunan.

Tuntutan terhadap industri pertambangan kian tinggi, karena timah merupakan metal for future seiring dengan perkembangan teknologi hi-tech, metaverse yang perangkatnya membutuhkan timah.

"Untuk itu, kita terus berkomitmen dalam memenuhi standar internasional baik itu dalam pengelolaan lingkungan maupun kontribusi terhadap negara," ucapnya.

Terkait perubahan iklim, kata dia, PT Timah Tbk sangat concern terhadap hal ini, di mana perusahaan telah membuat roadmap untuk pengurangan emisi.

Ketua IA ITB Babel Wiyono mengatakan, pihaknya mengangkat topik Tribute To One Earth karena sedang digaungkan saat ini. Sehingga perlu perhatian banyak pihak.

"Rencananya ini akan dilakukan rutin per topik, sehingga nantinya bisa memberikan kontribusi untuk masyarakat Babel," katanya.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/06/19/133110521/alumni-itb-ditantang-rumuskan-konsep-pariwisata-pertambangan-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke