Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil SPAM Regional Mebidang di Sumut, Calon Penyuplai Air Minum 440.000 Jiwa

Kompas.com - 19/06/2022, 08:15 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - SPAM Regional Mebidang di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akan memegang peran sentral dalam memenuhi kebutuhan air minum masyarakat.

Sebab, SPAM ini memiliki cakupan layanan di tiga wilayah sekaligus. Tepatnya di Kota Medan, Kota Binjai, dan Kabupaten Deli Serdang.

Melalui 88.000 Sambungan Rumah (SR) atau setara 440.000 jiwa. Area pelayanan meliputi 10 kecamatan di Medan, 2 kecamatan di Binjai, dan 1 kecamatan di Deli Serdang.

 

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara Syafriel Tansier menjelaskan, pembangunan SPAM Regional Mebidang ini ditargetkan rampung pada akhir tahun 2022.

Baca juga: Cegah Jakarta Tenggelam, Pempus dan Pemprov DKI Bersinergi Bangun SPAM

"Saat ini, kebutuhan air di kawasan Mebidang baru terpenuhi sekitar 64 persen. Dengan adanya SPAM Regional Mebidang ini kebutuhan air yang terpenuhi akan menjadi 83,6 persen," ujarnya dikutip dari laman Kementerian PUPR, Minggu (19/06/2022).

Pembangunan SPAM Regional Mebidang dilaksanakan dengan empat paket pekerjaan, meliputi masing-masing dua paket konstruksi dan supervisi.

Untuk pembangunan Jaringan Distribusi Utama (JDU), dilakukan oleh Abipraya Hutama KSO dengan supervisi PT Bina Lestari Lingkungan Sejahtera.

Sedangkan untuk pembangunan Instalasi Pengelolaan Air (IPA) dilakukan oleh PT Adhi Karya (Persero) dengan supervisinya PT Virama Karya, PT Pemetar Argeo Consultant Engineering, dan PT Graha Purna Karya Consultant.

Sejak Januari 2021, telah dilakukan Pembangunan Jaringan Distribusi Utama (JDU) sepanjang 22 kilometer, diameter 1.400-450 millimeter, dan total volume reservoir 5.500 meter kubik.

Sarana pendukung SPAM Regional Mebidang di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).Dok. Kementerian PUPR Sarana pendukung SPAM Regional Mebidang di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).
Alokasi anggarannya sebesar Rp 479 miliar dengan progres fisik hingga Juni 2022 mencapai 72,62 persen.

Baca juga: Mulai Konstruksi 2022, Dua SPAM Ini Telan Investasi Rp 4,3 Triliun

 

Selain itu, pembangunan fisik IPA dengan nilai paket Rp 236 miliar telah dilaksanakan dengan progress fisik hingga Juni 2022 mencapai 93,15 persen.

Pekerjaan IPA SPAM Regional Mebidang meliputi pembangunan IPA Beton dengan kapasitas 1.100 liter per detik, reservoir produksi berkapasitas 6.900 meter kubik, serta pekerjaan Elektrikal dan Instrumentasi.

Sumber air baku SPAM Regional Mebidang berasal dari Sungai Bingei yang melintasi wilayah Kabupaten Langkat dan Kota Binjai dengan kapasitas total sebesar 2.200 liter per detik.

Untuk pembangunan SPAM Regional Mebidang sendiri terbagi dalam dua tahap, dengan masing-masing tahap memiliki kapasitas sebesar 1.100 liter per detik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com