Profil SPAM Regional Mebidang di Sumut, Calon Penyuplai Air Minum 440.000 Jiwa

Kompas.com - 19/06/2022, 08:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - SPAM Regional Mebidang di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akan memegang peran sentral dalam memenuhi kebutuhan air minum masyarakat.

Sebab, SPAM ini memiliki cakupan layanan di tiga wilayah sekaligus. Tepatnya di Kota Medan, Kota Binjai, dan Kabupaten Deli Serdang.

Melalui 88.000 Sambungan Rumah (SR) atau setara 440.000 jiwa. Area pelayanan meliputi 10 kecamatan di Medan, 2 kecamatan di Binjai, dan 1 kecamatan di Deli Serdang.

 

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara Syafriel Tansier menjelaskan, pembangunan SPAM Regional Mebidang ini ditargetkan rampung pada akhir tahun 2022.

Baca juga: Cegah Jakarta Tenggelam, Pempus dan Pemprov DKI Bersinergi Bangun SPAM

"Saat ini, kebutuhan air di kawasan Mebidang baru terpenuhi sekitar 64 persen. Dengan adanya SPAM Regional Mebidang ini kebutuhan air yang terpenuhi akan menjadi 83,6 persen," ujarnya dikutip dari laman Kementerian PUPR, Minggu (19/06/2022).

Pembangunan SPAM Regional Mebidang dilaksanakan dengan empat paket pekerjaan, meliputi masing-masing dua paket konstruksi dan supervisi.

Untuk pembangunan Jaringan Distribusi Utama (JDU), dilakukan oleh Abipraya Hutama KSO dengan supervisi PT Bina Lestari Lingkungan Sejahtera.

Sedangkan untuk pembangunan Instalasi Pengelolaan Air (IPA) dilakukan oleh PT Adhi Karya (Persero) dengan supervisinya PT Virama Karya, PT Pemetar Argeo Consultant Engineering, dan PT Graha Purna Karya Consultant.

Sejak Januari 2021, telah dilakukan Pembangunan Jaringan Distribusi Utama (JDU) sepanjang 22 kilometer, diameter 1.400-450 millimeter, dan total volume reservoir 5.500 meter kubik.

Sarana pendukung SPAM Regional Mebidang di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).Dok. Kementerian PUPR Sarana pendukung SPAM Regional Mebidang di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).
Alokasi anggarannya sebesar Rp 479 miliar dengan progres fisik hingga Juni 2022 mencapai 72,62 persen.

Baca juga: Mulai Konstruksi 2022, Dua SPAM Ini Telan Investasi Rp 4,3 Triliun

 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.