KRL Solo Balapan-Palur Ditarget Beroperasi Juli 2022, Ini Progres Elektrifikasi Jalurnya

Kompas.com - 26/05/2022, 19:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek perpanjangan jalur Kereta Rel Listrik (KRL) Solo Balapan-Palur masih terus berjalan dan diharapkan bisa selesai dalam waktu dekat.

Progres elektrifikasi jalur KA Solo Balapan-Palur sudah mencapai 84,33 persen dan ditargetkan mulai beroperasi pada Juli 2022.

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, proyek elektrifikasi Jalur KA Solo Balapan-Palur sepanjang 6,2 kilometer dimulai sejak tahun 2020.

Proyek tersebut merupakan bagian dari pengembangan layanan angkutan massal KRL di kawasan Aglomerasi Jogja-Solo.

Baca juga: Kapasitas Gerbong KRL Yogyakarta-Solo Naik Jadi 130 Penumpang

 

Kawasan aglomerasi seperti Jogja, Solo, dan Semarang, harus dihubungkan dengan angkutan massal baik kereta api, bus, maupun angkutan massal lainnya.

"Ini suatu keniscayaan yang akan konsisten kami lakukan," ujar Budi dikutip dari situs resmi Kemenhub, Kamis (26/05/2022).

Kehadiran KRL Jogja-Solo sangat digemari masyarakat, bahkan Menhub mengungkapkan, di masa mudik jumlahnya naik signifikan lebih dari 50 persen.

"Angkutan massal di kawasan aglomerasi juga akan kami lakukan di kota-kota lainnya seperti Bandung, Surabaya, dan kota aglomerasi lainnya," ucapnya.

Keberadaan angkutan massal di kawasan aglomerasi penting untuk memperlancar mobilitas masyarakat dan menghindari penggunaan kendaraan pribadi yang dapat menimbulkan kemacetan serta polusi udara.

"KRL adalah angkutan yang ramah lingkungan. Saya harap kolaborasi pemerintah pusat dan daerah semakin baik untuk mengembangkan angkutan massalnya," tutur Menhub.

Baca juga: 126.000 Penumpang KRL akan Transit di Stasiun Manggarai saat SO5

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.