Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pandemi Covid-19 Belum Reda, Airbnb akan Tutup Bisnis Lokal di China

Kompas.com - 26/05/2022, 17:03 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber CNN

JAKARTA, KOMPAS.com - Airbnb berencana akan menutup bisnis lokalnya di China setelah dua tahun negara tersebut memberlakukan lockdown secara terus menerus.

Seperti dikutip dari CNN, salah satu sumber yang enggan disebutkan namanya mengatakan keputusan Airbnb ini terkait dengan alasan ekonomis.

Pasalnya di China terjadi penurunan bisnis yang siginifikan serta ada kendala operasional mahal dan kompleks yang diperparah oleh pandemi Covid-19.

Penghapusan listing ini rencananya akan mulai dilakukan oleh Airbnb pada musim panas mendatang atau sekitar bulan Juni 2022.

Namun, menurut sumber itu, Airbnb tidak akan menghentikan operasinya di negara itu sepenuhnya.

Perusahaan akan terus memiliki kantor di Beijing dengan ratusan karyawan yang akan fokus pada warga China yang ingin berwisata ke luar negeri dan mengurusi proyek global.

Dalam beberapa pekan terakhir, puluhan kota di China daratan telah mengalami lockdown karena pemerintah sedang berjuang mengatasi penyebaran Covid-19 yang kian parah.

Masih tingginya angka infeksi Covid di China telah merusak perekonomian dan mengganggu hampir semua lini bisnis utama, dari teknologi hingga barang konsumsi.

Beberapa merek internasional, mulai dari Apple (AAPL) hingga Estee Lauder (EL) , telah memperingatkan dampak finansial dari lockdown tersebut.

Airbnb resmi membuka cabang di China pada tahun 2016. Terlebih perjalanan masyarakat China ke luar negeri diprediksi akan memberikan keuntungan besar bagi perusahaan.

Tetapi sejak pandemi, angka perjalanan ke luar negeri masyarakat China menurun tajam bahkan negara ini telah ditutup untuk sebagian besar pelancong internasional.

Untuk diketahui, bisnis domestik Airbnb di China telah menampung sekitar 25 juta tamu sejak 2016. Sayangnya, China hanya menyumbang 1 persen dari pendapatan global perusahaan selama beberapa tahun terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com