Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

126.000 Penumpang KRL akan Transit di Stasiun Manggarai saat SO5

Kompas.com - 26/05/2022, 14:08 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 126.00 penumpang KRL diperkirakan akan transit di Stasiun Manggarai saat terjadi perubahan operasional kelima (switch over/SO5) yang dimulai Sabtu (28/5/2022).

Namun proses transit penumpang di dalam gedung baru Stasiun Manggarai bakal lebih aman karena penumpang tidak perlu menyeberang rel saat berpindah peron.

Pelaksanaan SO5 adalah bagian dari penataan Stasiun Manggarai yang nantinya ditargetkan menjadi stasiun besar untuk transit intermoda dan antarmoda di Jakarta pada 2025.

Baca juga: Manggarai Jadi Stasiun Sentral, Rute KRL Berubah Mulai 28 Mei 2022

Perubahan operasional yang meliputi pergantian persinyalan, jalur rel, dan listrik aliran atas ini dilakukan bertahap lantaran perubahan tidak boleh menghentikan operasional KRL dan kereta api jarak jauh yang melintasi Stasiun Manggarai.

Sekretaris Perusahaan Kereta Api Commuter Anne Purba, Selasa (24/5/2022), mengataka kurang lebih 90.000 penumpang KRL Bogor dan 36.000 penumpang KRL Bekasi yang transit di Stasiun Manggarai.

“126.00 penumpang itulah yang berpotensi transit di Stasiun Manggarai saat SO5. Setiap hari tetap ada 1.054 perjalanan KRL di Jabodetabek,” ujar Anne seperti dikutip dari Kompas.id.

Nantinya, ada pergeseran alokasi perjalanan menyesuaikan SO5, yakni penambahan jumlah perjalanan KRL dari Bekasi dari 215 menjadi 246 perjalanan dan pengurangan jumlah perjalanan dari Bogor dari 438 menjadi 406 perjalanan.

Pergeseran perjalanan KRL ini mengakomodasi tambahan waktu perjalanan yang diperlukan KRL Bekasi untuk melayani jalur lingkar.

Jadwal perjalanan KRL akan disesuaikan dengan kebutuhan penumpang yang transit dengan harapan tidak ada penumpukan penumpang di stasiun.

Akan tetapi, di awal pemberlakuan SO5, operator menyiagakan kereta pengumpan untuk mengantisipasi kemungkinan penumpukan penumpang di Stasiun Manggarai.

Baca juga: Catat Rute KRL Jabodetabek! Mulai Berlaku Akhir Pekan Ini

Jalur dwiganda yang sudah berfungsi dari Stasiun Cakung hingga Jatinegara serta kecepatan maksimal KRL yang ditingkatkan dari 70 km per jam menjadi 95 km per jam juga memangkas waktu tunggu KRL Bekasi dari 10-15 menit menjadi 7 menit.

Adapun waktu tunggu di lintas Bogor masih tetap, yakni 5-10 menit. Selain karena jumlah perjalanan KRL Bogor sudah jenuh, pelintasan sebidang di lintas Bogor juga masih tergolong padat.

Setelah SO5, masih ada SO6 hingga SO8 yang akan dijalani untuk mencapai Stasiun Manggarai sebagai stasiun besar penghubung lintas moda pada 2025.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com