Kompas.com - 19/05/2022, 12:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Seluas 138.661,42 hektar lahan di perairan wilayah timur Pulau Bintan, Kepulauan Riau (Kepri) menjadi kawasan konservasi.

Hal ini dilakukan untuk melindungi, melestarikan dan memanfaatkan biodeversitas laut, meliputi ekosistem terumbu karang, padang lamun dan habitat asuhan ikan.

Penetapan ini menyusul Keputusan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Nomor 18 tahun 2022 yang telah ditandatangani oleh Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono dan dicatat dalam Lembaran Negara pada Selasa (5/4/2022).

Terkait hal ini, Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Dirjen PRL) Kementerian KKP Victor Gustaf Manoppo menjelaskan, kawasan konservasi tersebut terbagi menjadi tiga wilayah.

Pertama terletak di Teluk Sebong seluas 4.500 hektar, kedua di Gunung Kijang seluas 23.300 hektar dan ketiga di Bintan Pesisir seluas 110.700 hektar.

Baca juga: Terdampak Tol Semarang-Demak, 46 Hektar Lahan Mangrove Akan Direlokasi

"Luas total kawasan konservasi perairan di wilayah timur Pulau Bintan ini terbagi dalam tiga wilayah," ungkapnya, melansir Antara, Kamis (19/5/2022).

Adapun kawasan konservasi ini berbatasan langsung dengan Singapura, area pariwisata yang berkembang pesat serta berada di jalur perlintasan perniagaan laut yang ramai.

Selain itu, ratusan ribu luas hektar lahan konservasi tersebut juga menghadap langsung ke Laut Cina Selatan yang memiliki potensi perikanan dan biodeversitas laut melimpah.

"Prinsip dari kawasan konservasi adalah spill over effect atau dampak limpahan, di mana pada kawasan yang dilindungi, stok ikan akan tumbuh dengan baik dan limpahan dari pertumbuhan ini akan mengalir ke wilayah di luar kawasan yang kemudian dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan tanpa mengurangi sumber pertumbuhan di daerah yang dilindungi," tambah Victor.

Sementara itu, sejumlah pihak ikut terlibat demi memperlancar pengelolaan kawasan konservasi ini.

Baca juga: Kuburan Penuh Sesak, Warga Seimati Temui Bobby Nasution Minta Bantu Belikan Lahan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.