Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Ribu Hektar Lahan di Kepulauan Riau Jadi Kawasan Konservasi

Kompas.com - 19/05/2022, 12:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seluas 138.661,42 hektar lahan di perairan wilayah timur Pulau Bintan, Kepulauan Riau (Kepri) menjadi kawasan konservasi.

Hal ini dilakukan untuk melindungi, melestarikan dan memanfaatkan biodeversitas laut, meliputi ekosistem terumbu karang, padang lamun dan habitat asuhan ikan.

Penetapan ini menyusul Keputusan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Nomor 18 tahun 2022 yang telah ditandatangani oleh Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono dan dicatat dalam Lembaran Negara pada Selasa (5/4/2022).

Terkait hal ini, Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Dirjen PRL) Kementerian KKP Victor Gustaf Manoppo menjelaskan, kawasan konservasi tersebut terbagi menjadi tiga wilayah.

Pertama terletak di Teluk Sebong seluas 4.500 hektar, kedua di Gunung Kijang seluas 23.300 hektar dan ketiga di Bintan Pesisir seluas 110.700 hektar.

Baca juga: Terdampak Tol Semarang-Demak, 46 Hektar Lahan Mangrove Akan Direlokasi

"Luas total kawasan konservasi perairan di wilayah timur Pulau Bintan ini terbagi dalam tiga wilayah," ungkapnya, melansir Antara, Kamis (19/5/2022).

Adapun kawasan konservasi ini berbatasan langsung dengan Singapura, area pariwisata yang berkembang pesat serta berada di jalur perlintasan perniagaan laut yang ramai.

Selain itu, ratusan ribu luas hektar lahan konservasi tersebut juga menghadap langsung ke Laut Cina Selatan yang memiliki potensi perikanan dan biodeversitas laut melimpah.

"Prinsip dari kawasan konservasi adalah spill over effect atau dampak limpahan, di mana pada kawasan yang dilindungi, stok ikan akan tumbuh dengan baik dan limpahan dari pertumbuhan ini akan mengalir ke wilayah di luar kawasan yang kemudian dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan tanpa mengurangi sumber pertumbuhan di daerah yang dilindungi," tambah Victor.

Sementara itu, sejumlah pihak ikut terlibat demi memperlancar pengelolaan kawasan konservasi ini.

Baca juga: Kuburan Penuh Sesak, Warga Seimati Temui Bobby Nasution Minta Bantu Belikan Lahan

Misalnya, Yayasan Ecology Kepri dan Konservasi Indonesia yang berkontribusi dalam mengkoordinasikan penyusunan rencana zonasi hingga survei potensi sumber daya.

Senior Ocean Program Lead Konservasi Indonesia Victor Nikijuluw mengatakan kebijakan ini memiliki nilai strategis, terlebih karena terletak di posisi yang potensial.

Penetapan kawasan konservasi di perairan Bintan ini dapat membantu mengurangi dampak perubahan iklim melalui program konservasi blue carbon, meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui ekowisata.

"Selain itu juga untuk pengelolaan produksi dan usai produksi perikanan yang berkelanjutan, pengembangan ekonomi lokal lainnya, dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia melalui pengelolaan kawasan yang efektif, serta melalui riset kelautan dan perikanan," paparnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com