Bangun Jaringan Gas Bumi, Waskita Teken Kontrak Rp 92,6 Miliar

Kompas.com - 07/04/2022, 09:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk teken kontrak senilai Rp 92,6 miliar untuk bangunan infrastruktur jaringan gas bumi di tiga wilayah.

Hal ini menyusul penandatanganan kontrak pekerjaan oleh Senior Vice President EPC Division, AS Wisnu Wijayanto dan Pejabat Pembuat Komitmen Pembangunan Jargas 3 Satuan Kerja Derektorat Jendral Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, Doni Oktarizon, pada Rabu (6/4/2022).

Adapun tiga wilayah yang dimaksud dalam kontrak tersebut, meliputi Kabupaten Indramayu, Kota Semarang, dan Kabupaten Wajo.

AS Wisnu Wijayanto mengatakan, sumber pendanaan pembangunan berasal dari APBN tahun anggaran 2022 dengan jenis pembayaran monthly certificate sesuai kemajuan progres yang dicapai setiap bulan.

“Rencana pembangunan jaringan gas bumi untuk rumah tangga ini akan dikerjakan dalam waktu pelaksanaan 240 hari setelah Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK),” ujar Wisnu, dilansir dari siaran pers, Kamis (7/4/2022).

Baca juga: Pastikan Arus Mudik Lancar dan Aman, Waskita Siapkan Tol Kapal Betung

Sementara lingkup pekerjaan terdiri dari pekerjaan pipa distribusi tekanan tinggi (pipa carbon steel), pekerjaan pipa induk (polyethylene), pipa distribusi (polyethylene), sambungan rumah (SR), sambungan kompor (SK) dan pasca konstruksi.

Selain itu, Waskita turut menggarap pekerjaan utama spesialis, yakni pengadaan dan pemasangan MRS, pengadaan dan pemasangan regulator sector, pengujian dan horizontal drilling direction (HDD).

Lebih lanjut, pembangunan infrastruktur ini didorong oleh terbatasnya infrastruktur gas bumi yang terdistribusi secara merata.

Oleh karena itu, pemerintah menyiapkan infrastruktur jaringan distribusi gas hingga ke rumah tangga, sehingga diharapkan ketersediaan gas semakin mudah, murah, serta merata di Indonesia agar manfaatnya dapat dinikmati secara langsung oleh masyarakat.

Director of Operation III Waskita Gunadi mengatakan, dengan dibangunnya jaringan gas bumi untuk rumah tangga ini diharapkan dapat memberikan banyak manfaat dari berbagai aspek.

Baca juga: Bangun Jalan Pansela, Waskita Raih Kontrak Rp 240 Miliar

“Semoga dengan ditunjuknya Waskita, proyek ini dapat mendukung program pemerintah dalam menyediakan sarana infrastruktur jaringan gas bumi untuk rumah tangga yang penyalurannya melalui pipa gas hingga ke rumah tangga memanfaatkan potensi gas bumi yang ada," tambah Gunadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.