Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Rusak Ditabrak Truk, Jembatan Ini Tuntas Diperbaiki Rp 5,7 Miliar

Kompas.com - 25/03/2022, 17:11 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII Jawa Timur-Bali Ditjen Bina Marga telah menyelesaikan perbaikan Jembatan Ngantru di Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur.

Karena sebelumnya sempat rusak akibat kecelakaan tunggal oleh angkutan tangki Semen Curah pada Februari lalu (09/02/2022).

Untuk perbaikan jembatan sepanjang 35 meter dan lebar 7 meter itu sebesar Rp 5,7 miliar.

Baca juga: Jembatan di Area Parangtritis Ini Sudah Tersambung, Cek Progresnya 

Kepala BBPJN Jawa Timur-Bali Kementerian PUPR, Achmad Subki menyatakan, jembatan yang menghubungkan Ngawi-Bojonegoro itu sudah selesai diperbaiki untuk kembali dilewati kendaraan.

"Proses konstruksi ulang Jembatan Ngantru lebih cepat dari estimasi awal 45 hari. Namun dalam pelaksanaannya bisa rampung dalam waktu sekitar satu bulan," katanya dalam keterangan pers, Jumat (25/03/2022).

Sebelum jembatan tersebut dibuka kembali, telah dilakukan loading test. Untuk memastikan daya dukung jembatan yang telah diperbaiki sudah memenuhi persyaratan.

Perbaikan Jembatan Ngantru di Kabupaten Ngawi tuntasDok. Kementerian PUPR Perbaikan Jembatan Ngantru di Kabupaten Ngawi tuntas
Selanjutnya dihimbau agar truk yang melewati jembatan tersebut tidak melebihi beban (overload).

Baca juga: Intip Progres Proyek Calon Jembatan Terpanjang di Indonesia

 

"Sudah kami pastikan aman dilewati, meski akan tetap kami awasi beberapa hari,” imbuhnya.

Kata Subki, dalam perbaikan tidak ada perbedaan komponen dari jembatan sebelumnya. Sebab komponen masih tersedia materialnya, sehingga langsung dikirim ke Ngawi untuk dilakukan perbaikan pada akhir Februari 2022 lalu.

Jembatan Ngantru berada di ruas jalan nasional di perbatasan Bojonegoro-Ngawi. Dibangun pada 1990 dengan konstruksi baja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com