Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun Polder Jadi Upaya Pemprov DKI Atasi Banjir

Kompas.com - 23/03/2022, 19:54 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir merupakan masalah yang belum terselesaikan di Jakarta. Ketika hujan deras turun dan air laut pasang, sejumlah area pemukiman dan jalanan tergenang air.

Berbagai upaya terus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk mengatasi masalah banjir ini.

Salah satunya, meningkatkan kapasitas infrastruktur pengendalian banjir dengan membangun polder, waduk serta merevitalisasi sungai.

Khusus untuk polder, nantinya Pemprov DKI Jakarta rencananya akan memiliki 9 buah polder baru di akhir tahun 2022.

Baca juga: Proyek 942-DV Terkendala Biaya, Diklaim Bisa Atasi Banjir Jakarta

Pembangunan polder dilakukan untuk mengatasi banjir di daerah yang tidak dapat mengalirkan air berdasarkan aturan gravitasi.

Seperti dikutip dari JaKita edisi 1 2022, 9 polder ini dibangun di sembilan lokasi baik di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Pusat dan Jakarta Barat.

Polder-polder ini nantinya akan berlokasi di Kelapa Gading, Pulomas, Muara Angke, Teluk Gong, Mangga Dua, Green Garden, Marunda JGC, Tipala-Adhyaksa, dan Kamal.

Ruang lingkup pekerjaan pembangunan polder setiap lokasi berbeda. Ada yang berupa pembangunan pompa baru dan kelengkapannya, penambahan atau peningkatan kapasitas pompa, pembangunan storage, pembangunan pintu air, hingga perkuatan tanggul.

Baca juga: Akhir 2022, Jakarta Bakal Punya 9 Polder Baru

Tak hanya itu, luas polder juga bervariasi pada setiap lokasi. Polder di lokasi Kelapa Gading misalnya, dibangun diatas area seluas 70 hektar.

Lokasinya berada di Jalan Bulevard Artha Gading, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Pembangunan polder ini sudah dimulai sejak November 2021 ldengan target selesai pada akhir tahun 2022.

Kepala Seksi Pemeliharaan Drainase Dinas Sumber Daya Air Kota Administrasi Jakarta Utara Yusrid Suryanegara, menjelaskan pembangunan dengan hadirnya polder di Kepala Gading akan mempercepat penanganan banjir.

“Dengan polder, genangan air di Kelapa Gading bisa teratasiu dalam tiga sampai empat jam," ujar Yusrid.

Polder Kelapa akan dilengkapi beberapa prasarana seperti dua rumah pompa berkapasitas tujuh meter kubik per detik, sheet pile, hingga sistem pintu air di lima titik hingga ke Kali Betik, Kelurahan Pegangsaan Dua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com