Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Sejumlah Tempat Wisata yang Bisa Diakses dari Tol Ciawi-Sukabumi

Kompas.com - 23/03/2022, 18:13 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian besar ruas Jalan Tol Ciawi-Sukabumi masih dalam proses konstruksi. Namun bila kelak tuntas seluruhnya, diharapkan membawa sejumlah manfaat.

Mengutip dari situs resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada Rabu (23/03/2022), jalan bebas hambatan berbayar ini juga akrab disapa Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi).

Keseluruhan membentang sepanjang 54 kilometer dan terdiri dari 4 seksi. Dari total ruas tersebut, baru Seksi 1 Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 kilometer yang telah beroperasi.

Baca juga: Tol Terpanjang di Sumut Punya Keistimewaan, Apa Saja Itu?

Sementara untuk Seksi 2 Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 kilometer hingga saat ini konstruksinya mencapai 77,43 persen dan diharapkan bisa tuntas akhir 2022 mendatang.

Kemudian dua ruas lainnya yang belum selesai yakni Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,70 kilometer dan Seksi 4 Sukabumi Barat-Sukabumi Timur 13,05 kilometer.

Tol Ciawi-Sukabumi dikelola Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Trans Jabar Tol (TJT) dengan nilai investasi sebesar Rp 11,71 triliun. Konstruksi ditargetkan tuntas seluruhnya pada 2024 mendatang.

Kehadiran jalan tol ini diharapkan dapat memberikan kelancaran akses konektivitas dan memangkas waktu tempuh perjalanan di wilayah Sukabumi.

Waktu tempuh perjalanan dari Kota/Kabupaten Sukabumi yang mengarah ke Ciawi juga dapat terpangkas satu sampai dua jam, dan saat ini hanya menjadi sekitar seperempat hingga setengah jam perjalanan.

Di sisi lain, jalan tol ini diharapkan memberi dukungan terhadap akses konektivitas menuju sejumlah tempat pariwisata yang terkenal dengan keindahan alamnya di wilayah Jawa Barat.

Seperti halnya pantai di Pelabuhan Ratu, Ujung Genteng, Geopark Ciletuh, Gunung Gede, dan sejumlah tempat wisata menarik lainnya.

Misal untuk akses menuju ke Pelabuhan Ratu, nantinya dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 1 jam. Kemudian jika dari wilayah Jakarta ke Pelabuhan Ratu hanya 2,5 jam.

Baca juga: Mengupas Duduk Persoalan Mandeknya Konstruksi Tol Serang-Panimbang

Berikut profil singkat sejumlah tempat wisata yang bisa diakses dari Tol Bocimi sebagaimana telah disebutkan di atas:

Pantai Pelabuhan Ratu.SHUTTERSTOCK/ILHAMNURIKHSAN Pantai Pelabuhan Ratu.
1. Pelabuhan Ratu

Melansir dari laman resmi Pemprov Jawa Barat, Pelabuhan Ratu terletak di Kabupaten Sukabumi. Merupakan kawasan yang didominasi objek wisata laut dan pantai.

Di kawasan ini terdapat sejumlah pantai utama yang dapat dinikmati. Seperti Pantai Citepus, Pantai Karang Hawu, Pantai Cimanja, Pantai Gado Bangkong, hingga Pantai Cibangban.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com