Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Fit-Out Kantor di Tokyo Termahal Se-Asia Pasifik, Bagaimana Jakarta?

Kompas.com - 22/03/2022, 18:14 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar renovasi ruang kantor atau fit-out di wilayah Asia Pasifik memperoleh pertanda baik berdasarkan prediksi perusahaan jasa real estate global, Cushman & Wakefield.

Mengutip dari laporannya yang bertajuk Cushman & Wakefield's 2022 Asia Pacific Office Fit-out Cost Guide, tingkat serapan bersih ruang kantor diperkirakan meningkat dalam dua tahun ke depan.

Baca juga: Menilik 3 Tren Utama Renovasi Ruang Kantor di Asia Pasifik 2022

Dari 5,1 juta meter persegi pada 2021 menjadi sekitar 6,6 juta meter persegi tahun 2022. Kemudian kembali ke tingkat sebelum pandemi sekitar 7,5 juata meter persegi pada 2023.

Hal tersebut didukung tingkat vaksinasi lebih tinggi yang memungkinkan aktivitas ekonomi kembali dibuka penuh. Berpotensi mendorong permintaan kantor selama setahun ke depan.

Sehingga, prediksi yang positif ini menjadi pertanda baik untuk pasar fit-out kantor di wilayah Asia Pasifik.

Head of Project & Development Services, Asia Pacific, Cushman & Wakefield, Tom Gibson menyampaikan, pihaknya telah melihat perubahan cara perusahaan merencanakan kebutuhan ruangnya.

"Pada akhirnya berpengaruh pada pengambilan keputusan untuk fit-out, semua dalam lingkup di mana komponen biaya terus diamati secara cermat," ujarnya dalam keterangan pers, Selasa (22/03/2022).

Selain penerapan desain yang menyeluruh dan penerapan standar fit-out, ada kebutuhan bagi penghuni korporat untuk menyediakan solusi teknologi yang terintegrasi secara mulus untuk karyawan yang bekerja di dalam maupun di luar lokasi.

"Ada juga penekanan yang lebih besar untuk menyediakan tempat kerja yang tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga mengutamakan kesejahteraan karyawan," tandasnya.

Baca juga: Ini yang Harus Dipikirkan Perusahaan Sebelum Renovasi Ruang Kantor

Dalam laporannya, Cushman & Wakefield mengungkapkan tentang biaya fit-out kantor rata-rata pada 31 kota di Asia Pasifik.

Jepang tetap menjadi pasar fit-out kantor termahal di kawasan ini selama tiga tahun berturut-turut, dengan Tokyo, Osaka, dan Nagoya yang menempati tiga posisi teratas.

Berikut daftar beberapa kota di Asia Pasifik dengan rata-rata biaya fit-out kantor teratas hingga terendah:

1. Tokyo Rp 25.539.800 per meter persegi

2. Osaka Rp 24.781.900 per meter persegi

3. Nagoya Rp 24.167.000 per meter persegi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com