Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/03/2022, 18:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Asian Development Bank (ADB) berkomitmen untuk membantu pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. 

Dukungan yang diberikan adalah bantuan teknis, termasuk membantu Otorita IKN menyelenggarakan sebuah seminar internasional.

Selain itu, Wakil Presiden ADB Ahmed M Saeed mengatakan pihaknya akan membantu merencanakan IKN sebagai kota yang inklusif dan netral karbon. 

Dia memastikan ADB akan membantu Otorita IKN Nusantara dalam merancang kota baru tersebut, mengkaji potensi dampak lingkungan dan sosialnya, serta menggalang pembiayaan dari sumber pemerintah dan sektor swasta guna mendukung pembangunan.

"ADB siap membantu untuk merencanakan relokasi bersejarah ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Nusantara,” kata Ahmed M. Saeed dalam keterangannya, Jumat (18/03/2022). 

Baca juga: Selain BSD City, Alam Sutera Juga Jadi Rujukan Hunian di IKN, Begini Konsepnya

Sebagai langkah pertama yang akan dilakukan ADB yaitu mendukung upaya Otorita IKN Nusantara dalam menyelenggarakan konferensi internasional untuk mempelajari bagaimana negara-negara lain melaksanakan pembangunan kota yang netral karbon dan inklusif.

Menurut Ahmed, membangun sebuah kota baru membuka peluang yang besar untuk menerapkan berbagai hasil kajian dan pengalaman dari banyak negara sehingga dapat menciptakan sebuah kawasan yang nyaman untuk bekerja, tempat tinggal dan hiburan. 

"Karena itu, ADB akan membagikan pembelajaran internasional yang kami miliki untuk mendukung Otorita IKN Nusantara mendesain dan mendanai pembangunan ibu kota baru," ujarnya. 

Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono mengucapkan terima kasih  atas dukungan ADB dalam membangun kawasan IKN.

Dia menilai ADB merupakan lembaga keuangan yang telah memiliki banyak sekali pengalaman terutama dalam mendorong pembangunan berkelanjutan. 

“Terdapat banyak pengalaman di tempat-tempat lain dalam menciptakan kota yang inklusif dan netral karbon, sehingga kami menantikan kerja sama dengan ADB agar dapat memahami pengalaman tersebut dan memanfaatkan pembelajaran yang sudah diperoleh," tuntas Bambang.

 

 

Catatan redaksi: Artikel ini telah mengalami penyuntingan lebih lanjut pada judul, lead, dan kutipan. Sebelumnya tertulis "ADB Akan Bantu Pembiayaan Pembangunan IKN Nusantara". Redaksi memohon maaf atas kekeliruan ini. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com