Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/03/2022, 07:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaksanakan studi banding ke Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangerang Selatan, Selasa (15/3/2022).

Studi banding ini bertujuan dalam mempelajari konsep pengembangan dan pembangunan kawasan perumahan proyek yang dikembangkan Sinarmas Land tersebut.

Dengan begitu, nantinya diterapkan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Baca juga: Ini Pesan Bos Sinarmas Land Michael Widjaja kepada Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe

Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan, rombongan yang datang itu terdiri dari para pejabat maupun tim yang tergabung dalam penyusunan perencanaan perumahan IKN Nusantara.

“Kami melakukan studi banding ke Sinasmas Land untuk mempelajari beberapa konsep dan strategi serta desain pengembangan yang telah dilaksanakan di BSD City,” ujar Iwan dikutip dari rilis, Rabu (16/3/2022).

Iwan berpendapat, pengembangan dan pembangunan kawasan perumahan dan permukiman milik Sinarmas Land ini sangat baik dan bisa dilaksanakan di daerah lain.

Oleh sebabnya, dibutuhkan koordinasi yang baik antara Sinarmas Land dengan pemerintah pusat maupun daerah.

Baca juga: Tinjau Green Office Park di BSD City, Jokowi Tertarik Konsep Sustainable Development

Nantinya, hal ini akan mewujudkan tertatanya lingkungan sekaligus membuat masyarakat yang tinggal di IKN Nusantara dapat hidup dengan aman dan nyaman.

Iwan menambahkan, Sinarmas Land menyesuaikan pembangunan sesuai dengan kontur alam serta menjaga kelestarian lingkungan dengan baik.

Pengembangan kawasannya ini mendorong pemanfaatan teknologi informasi, juga didukung dengan pelestarian keragaman sosial budaya lokal yang ada.

Hingga akhirnya, hasilnya dapat menciptakan kawasan tersebut semakin maju dan menarik minat para investor untuk membenamkan modalnya di daerah itu.

“Kami cukup mendapatkan informasi yang baik dari SInarmas Land dan kiranya sangat bermanfaat bagi Ditjen Perumahan dalam rangka mempersiapkan, khususnya perencanaan dan pengelolaan perumahan yang akan kita kembangkan di IKN ke depannya,” pungkas dia.

Para pejabat maupun tim penyusunan perumahan IKN Ditjen Perumahan meninjau proyek BSD Green Office Park seperti Gedung Sinarmas Land Plaza, Gedung Green Office Park (GOP) 9, ruang pusat kendali atau command center Kawasan BSD, CityGrha Unilever, serta mal tanpa dinding, The Breeze.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com