Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain BSD City, Alam Sutera Juga Jadi Rujukan Hunian di IKN, Begini Konsepnya

Kompas.com - 18/03/2022, 06:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain BSD City, Alam Sutera juga jadi rujukan pemerintah dalam membangun hunian di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Adalah apartemen Lloyd, hunian vertikal yang dikembangkan oleh PT Alam Sutera Realty Tbk yang dijadikan rujukan.

Apartemen ini mengusung konsep hunian vertikal berlantai rendah (low rise apartment) yang dinilai aman, mampu mengoptimalkan pemanfaatan lahan serta memudahkan aksesibilitas para penghuninya. 

Baca juga: Kembangkan Perumahan di IKN Nusantara, Pemerintah Jadikan BSD City Inspirasi

“Kami menilai konsep pembangunan Apartemen Lloyd yang dikembangkan di Alam Sutera ini sangat baik dan bisa menjadi acuan dalam pembangunan hunian bagi masyarakat di IKN,” kata Direktur Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Iwan Suprijanto dalam keterangannya, Kamis (17/03/2022). 

Tak hanya itu, Lloyd Alam Sutera dilengkapi berbagai fasilitas serta ruang terbuka hijau yang mampu memberikan kenyamanan bagi para penghuni. 

Terlebih adanya dukungan fasilitas kesehatan, sarana olahraga dan keamanan yang baik bisa menjadi masukan untuk pembangunan hunian di IKN.

Selain itu, kualitas dan desain bangunan serta akses ventilasi udara yang baik akan mewujudkan lingkungan yang tertata. 

Llyod Apartemen Alam Sutera lloyd-alam-sutera.net Llyod Apartemen Alam Sutera
Direktur Sales and Marketing Alam Sutera Lilia Sukotjo menjelaskan, Lloyd Alam Sutera merupakan kluster hunian dengan tingkat kepadatan tinggi namun tetap memprioritaskan kesehatan lingkungan dan sosial, keamanan serta kelancaran berkomunikasi antar unit hunian.

Adapun proporsi alam terbuka di kawasan Apartemen Lloyd jumlahnya sekitar 70 persen dari luas area yang ada.

Keunggulan Lloyd ini adalah kebutuhan tanah yang tidak terlalu besar untuk menampung banyak keluarga dan setiap tower hanya lima lantai dan terdiri dari 20 unit.

Baca juga: Ini Pesan Bos Sinarmas Land Michael Widjaja kepada Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe

Ada dua tipe Lloyd yakni dua kamar tidur berukuran 99 meter persegi dan tiga kamar tidur dengan luas 130 meter persegi sehingga ideal untuk pasangan maupun keluarga kecil.

“Bangunan Lloyd tidak terlalu tinggi namun ukuran rumah tersebut serupa dengan luas bangunan rumah tapak serta memiliki ventilasi udara yang baik. Apabila terjadi kondisi darurat, para penghuni dapat menggunakan tangga untuk menyelamatkan diri,” terangnya. 

Llyod Apartemen Alam Sutera lloyd-alam-sutera.net Llyod Apartemen Alam Sutera
Alasan low rise apartment cocok untuk hunian di IKN 

Sebelumnya, Ketua Pokja IKN-REI Soelaeman Soemawinata mengungkapkan alasan konsep hunian low rise apartment cocok dibangun di IKN. 

Menurutnya, low rise apartment merupakan hunian vertikal yang tidak memiliki banyak lantai. Untuk setiap tower-nya, hanya terdapat lima sampai enam lantai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com