Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Menginap di Titik Nol IKN Bersama Lima Gubernur

Kompas.com - 13/03/2022, 19:07 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) beserta Iriana Joko Widodo bertolak menuju Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) untuk melakukan kunjungan kerja, Minggu (13/03/2022).

Bersama rombongan terbatas, Presiden lepas landas dari Pangkalan TNI AU Adi Sutjipto, Kabupaten Sleman, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 13.00 WIB.

Esok hari atau Senin, (14/3/2022), Jokowi diagendakan menuju Kawasan Titik Nol Kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Selain itu, kepala negara akan melakukan serangkaian agenda kerja dan bermalam di lokasi tersebut.

Dikutip Antara, Gubernur Kaltim Isran Noor sebelumnya menjelaskan Jokowi bersama lima gubernur di Pulau Kalimantan akan bermalam di lokasi titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, tepatnya di Penajam Paser Utara.

Baca juga: Di Mana Lokasi Titik Nol IKN Nusantara?

Isran mengatakan, sarana dan prasarana sudah dipersiapkan, baik jaringan listrik, telekomunikasi maupun lainnya, termasuk tenda dan perlengkapan yang akan dipakai presiden menginap.

"Alhamdulillah, persiapan sudah sudah dikerjakan, dan pada hari H nya nanti sudah 100 persen dan kemah sudah dapat dipergunakan presiden beserta rombongan," kata Isran, Jumat (12/3/2022).

Menurutnya, ini bisa terwujud berkat kerja sama Sekretariat Negara dan pihak-pihak terkait seperti Pangdam VI Mulawarman dan Kapolda Kaltim, terutama persiapan kemah yang akan ditempati Jokowi.

Isran menjelaskan pada acara tersebut juga di undang gubernur seluruh Indonesia dan mereka yang hadir diwajibkan memakai pakaian adat masing-masing provinsi.

"Karena ini IKN Nusantara, maka tamu (gubernur) akan memakai pakaian adat nusantara dari masing-masing provinsi, namun rencananya gubernur yang akan menginap berkemah bersama presiden hanya lima gubernur se-Kalimantan, yaitu Kaltim, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Utara," tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com