Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkom Bangun Infrastruktur Jaringan 5G di IKN Nusantara

Kompas.com - 05/03/2022, 19:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk akan mengembangkan jaringan 4G dan 5G di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Layanan mobile Telkomsel untuk perluasan cakupan, penambahan kapasitas, serta peningkatan kualitas jaringan 4G dan 5G di wilayah IKN Nusantara akan terus dimaksimalkan," kata Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah seperti dikutip Antaranews, Sabtu (05/03/2022).

Ririek mengatakan Telkon berkomitmen untuk menghadirkan layanan digital berkelas dunia di IKN Nusantara.

Baca juga: Intip Luas Rumah Menteri, Pejabat Negara hingga ASN di IKN Nusantara

"Sejalan dengan pemerintah dalam menetapkan konsep IKN Nusantara sebagai smart city, peran Telkom dalam menghadirkan transformasi digital sangatlah penting," ujarnya.

Menurutnya, Telkom siap mendukung penyediaan infrastruktur dan layanan digital di IKN Nusantara dengan fokus pada penyediaan konektivitas, platform, hingga beragam layanan digital.

Rencana pembangunan mencakup tiga domain bisnis digital yaitu connectivity, platform dan services yang bersinergi dengan seluruh anak perusahaan dan juga pemerintah.

Saat ini cakupan infrastruktur jaringan Telkom di sekitar wilayah IKN Nusantara, tepatnya di Kecamatan Sepaku tercatat 173 ODP dan sangat memungkinkan untuk pengembangan lebih lanjut.

Ditambah kabel laut Indonesia Global Gateway (IGG) Manado-Dumai yang melintasi sepanjang Selat Makassar menjadikan IKN Nusantara terkoneksi global langsung melalui gateway Batam dan Manado.

Selain itu TelkomGroup juga akan menghadirkan solusi digital melalui pembangunan Intelligent Data Center (IDC) dengan Smart & Intelligent Network Security sehingga mendorong terwujudnya IKN Nusantara menjadi smart city dengan tingkat keamanan siber yang tinggi.

Untuk memastikan realisasi seluruh rencana pembangunan infrastruktur IKN Nusantara dapat optimal dan sesuai dengan yang ditargetkan, TelkomGroup akan berkolaborasi dengan Kementerian PUPR dan Kominfo serta lembaga atau instansi terkait.

"Semoga upaya dan semangat kolaborasi semua pihak dapat mendorong digitalisasi sehingga hadirnya IKN Nusantara sebagai smart city nanti dapat menjadi wajah baru untuk Indonesia yang lebih baik,” pungkan Ririek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com