Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Gampang Membersihkan Lampu Gantung

Kompas.com - 20/02/2022, 17:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Lamp Plus

JAKARTA, KOMPAS.com - Lampu gantung tak hanya mejalankan fungsinya untuk menerangi rumah namun juga elemen yang dapat memperindah tampilan rumah Anda.

Tak hanya indah, lampu gantung juga akan membuat sebuah ruangan tampak lebih mewah. Jadi tidak jarang orang memasangnya di ruang tamu atau ruang makan.

Untuk menjaga kebersihannya, lampu gantung perlu dibersihkan minimal satu tahun sekali bahkan lebih, tergantung lokasi tempat tinggal Anda.

Baca juga: Ini Tips Memilih Lampu Gantung dengan Ukuran yang Tepat

Lampu gantung berbahan kristal perlu dibersihkan saat kristal tampak kusam. Sedangkan desain lampu yang lebih kontemporer sebaiknya dibersihkan saat kaca atau bingkai mulai terlihat berdebu.

Banyak lampu gantung memiliki pola gantung yang rumit terutama yang terbuat dari bahan kristal atau kaca.

Jadi selalu perhatikan bagaimana desain lampu tersebut bila Anda bercana untuk membuka dan membersihkannya. 

Perlengkapan utama yang dibutuhkan untuk membersihkan lampu gantung adalah tangga untuk membantu Anda menggapai lampu.

Bila perlu berikan alas busa agar mencegah pecahnya kaca atau prisma kristal jika Anda tidak sengaja menjatuhkan sesuatu.

Gunakan juga sarung tangan putih atau kain lembut bebas serat terutama saat membersihkan kristal, dimana sidik jari mudah tertingal.

Bersihkan lampu gantung Anda dalam keadaan mati untuk mencegah hal-hal buruk terjadi. Jadi pastikan Anda sudah mematikan stop kontak.

Ketika membersihkan lampu, berjalan atau pindahkan ke setiap sudut yang Anda bersihkan. Jangan memutar lampu gantung Anda karena berisiko melonggarkan penyangganya sehingga lampu gantung bisa jatuh.

Untuk pembersihan lampu secara maksimal, mungkin Anda bisa melepas seluruh bagian lampu agar setiap sudut bisa terjangkau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com