Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lampu Pijar Warna Kuning Cocok Digunakan di Kamar Tidur, Ini Alasannya

Kompas.com - 13/01/2022, 06:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

KOMPAS.comKamar tidur adalah ruangan yang digunakan untuk beristirahat. Ruangan ini bisa menjadi tujuan utama sesaat setelah tiba di rumah.

Untuk menciptakan nuansa nyaman dan rileks, lampu pijar berwarna kuning sangat direkomendasikan untuk diletakkan di kamar tidur.

Namun, mengapa demikian?

Dilansir dari The Spruce, Rabu (12/1/2022), lampu pijar berwarna kuning juga bisa disebut dengan pencahayaan hangat.

Adapun pencahayaan hangat adalah lampu yang memancarkan warna putih kemerahan atau kekuningan yang sangat khas dengan lampu pijar.

Baca juga: Apa Bedanya Lampu LED dan Lampu Pijar?

Lampu dengan cahaya hangat ini memiliki skala suhu warna yang berkisar antara 2700 kelvin sampai dengan 3000 kelvin.

Untuk diketahui, lampu pijar mampu memancarkan cahaya berdasarkan radiasi termal, yakni panas dari filamen. Sehingga suhu warna sangat berhubungan dengan suhu sebenarnya yang ada pada bola lampu.

Nah, dengan skala suhu tersebut, pencahayaan hangat melalui lampu pijar berwarna kuning ini mampu membantu penghuni rumah untuk bersantai dan bersiap untuk tidur.

Kumpulan banyak cahaya hangat dari lampu pijar berskala suhu warna rendah juga cenderung menimbulkan rasa kantuk dan membuat seseorang menjadi sulit untuk fokus.

Itu lah mengapa, kantor atau ruang kerja sangat menghindari penggunaan lampu dengan cahaya hangat dan selalu mengandalkan lampu dengan cahaya dingin.

Lebih lanjut, warna hangat cenderung mengubah persepsi warna benda yang ada di dalam ruangan, sehingga bisa terlihat berbeda di siang hari.

Karenanya, jika sebuah ruangan diterangi dengan sebagian warna hangat dari lampu pijar berwarna kuning, perlu untuk memastikan seluruh furnitur berada di bawah cahaya yang sama agar lebih mudah dibersihkan.

Kendati cocok digunakan di kamar tidur, rupanya lampu dengan cahaya hangat ini juga bisa dikombinasikan dengan lampu dengan cahaya dingin yang ditandai dengan warna biru dan lebih terang serta memiliki skala suhu warna yang lebih tinggi.

Dikatakan bahwa lampu dengan cahaya hangat akan terlihat baik di banyak ruangan klasik dan memiliki cat warna hangat di dalamnya.

Untuk menciptakan campuran cahaya ini dan mendapatkan hasil nuansa ruangan yang nyaman, direkomendasikan untuk menggunakan cahaya hangat guna mensimulasi cahaya malam atau pagi hari.

Sedangkan untuk kegiatan yang lebih aktif, seperti mengerjakan tugas, cahaya dingin bisa digunakan, dengan fungsi untuk menambah konsentrasi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com