Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tips Memilih Lampu Gantung dengan Ukuran yang Tepat

Kompas.com - 20/02/2022, 16:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Lampu gantung merupakan salah satu elemen dekoratif yang dapat memperindah tampilan sebuah ruangan.

Lampu jenis ini merupakan titik fokus untuk sebuah ruangan dan kerap digunakan di area ruang makan.

Karena itu, sangat penting memilih lampu gantung yang sesuai untuk desain interior rumah serta memiliki ukuran yang tepat.

Baca juga: Lampu Pijar Warna Kuning Cocok Digunakan di Kamar Tidur, Ini Alasannya

Terlebih ukuran lampu gantung merupakan salah satu hal yang krusial karena jika salah menentukannya ruangan bisa terlihat penuh dan sempit. 

Seperti dikutip dari The Spurce, bila ingin memilih lampu gantung untuk ruang makan maka pertimbangkanlah ukuran meja makan Anda.

Biasanya lampu gantung akan diletakan tepat di atas meja makan.Beberapa desainer interior menyarankan lampu gantung harus berukuran setengah hingga dua pertiga lebar meja.

Namun pendapat lainnya menyarakan untuk memiliki lampu gantung yang memiliki diameter kurang lebi 0,5 meter dari lebar meja makan.

Pastikan Anda memasang lampu gantung dengan jarak kurang lebih 1 meter di atas meja makan agar ketika orang berdiri tempat duduk kepala mereka tidak terbentur.

Sementara untuk ruang tamudan ruang besar lainnya, perlu diingat bahwa lampu gantung yang tepat lebih dari sekadar masalah ukuran. Ingatlah bahwa desain lampu dan bobot visual juga berperan.

Jika Anda memilih lampu gantung dengan gaya hiasan yang berat, ukurannya bisa sedikit lebih kecil.

Sementara bila memilih lampu gantung yang lebuh ringan maka ukuran yang dipilih dapat lebih besar.

Namun jangan sampai memilih lampu gantung yang lebih besar dari sepertiga ruangan, karena akan membuat ruangan tampak penuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com