Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belanda Resmi Punya Pintu Kanal Laut Terbesar di Dunia

Kompas.com - 31/01/2022, 15:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belanda merupakan negara yang memiliki banyak kanal. Bahkan di ibu kotanya, Amsterdam, tercatat ada 165 kanal.

Tak hanya memiliki banyak kanal tua yang masuk dalam daftar warisan dunia UNESCO, baru-baru ini Belanda meresmikan pintu kanal laut kanal terbesar di dunia, yang berlokasi di kota IJmuiden.

Kanal tersebut dirancang untuk menggantikan pintu kanal lama, Noorderslius yang telah dibangun sejak tahun 1929. Pintu kanal ini kemudian diganti karena telah mengalami kerusakan.

Baca juga: Belanda Punya Lusinan Kota dengan Penduduk Kurang dari 1.000 Orang, Kok Bisa?

Proses peresmiannya pintu kanal di Ijmuiden ini dilakukan secara virtual oleh Raja Belanda William-Alexander, pada Rabu (26/1/2022) yang lalu.

Pintu kanal ini dinamakan "Zeesleuis," yang berarti kunci laut. Pemilihan nama tersebut didasarkan pada jajak pendapat publik yang dilakukan oleh pemerintah Belanda yang menerima lebih dari 5.000 suara masuk.

IJmuiden sendiri merupakan kota pelabuhan di Belanda yang menghubungkan Terusan Laut Utara dengan pelabuhan Amsterdam.

Pintu kanal Zeesleuis ini memiliki panjang 500 meter dan lebar 700 meter. Pembangunannya mulai pada tahun 2016 silam dan direncanakan selesai pada tahun 2019.

Namun ternyata dalam perjalannya, butuh waktu yang lebih lama untuk menyelesaikan kosntruksinya karena meningkatnya anggaran pembangunan yang mencapai 300 juta Euro atau setara dengan Rp 4,8 triliun.

Konstruksi proyek ini sudah termasuk pembangunan kapal tongkang yang akan digunakan sebagai penuntun kapal lain ketika melalui pintu kanal yang baru.

Jaap Zeilmaker dari agen saluran air Belanda, Rijkswaterstaat mengatakan bahwa pintu kanal yang baru akan menjadi pintu masuk yang lebih besar untuk menuju Amsterdam.

Tak hanya memudahkan transportasi, kehadiran pintu kanal Zeesleuis diharapkan dapat membangkitkan perekonomian daerah sekitar serta meminimalisasi ancaman banjir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com