Kompas.com - 22/01/2022, 06:30 WIB
Denah pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat. STCIndustry Indonesia.go.idDenah pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat. STCIndustry

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah resmi mencabut mencabut status Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api-Api di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel).

Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pencabutan Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2014 tentang Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api-Api.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, Pemprov Sumsel mengajukan permintaan pengalihan lokasi KEK Tanjung Api-Api ke KEK Tanjung Carat.

Baca juga: Dukung KEK Bitung, Tol Manado-Bitung Rampung Seluruhnya Akhir Desember

Hal ini karena KEK Tanjung Api-Api sudah tidak representatif lagi, mengingat pelabuhan laut akan dibangun di Tanjung Carat yang juga telah ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN).

Selain itu, KEK Tanjung Api-Api tak kunjung terealisasi karena salah satunya harus membebaskan lahan.

"Jangan salah, ini bukan dicabut, tapi dialihkan atas permintaan kita (Sumsel)," ujar Herman Deru dikutip dari Antara, Jumat (21/01/2022).

Menurut dia, keberadaan KEK ini sama pentingnya dengan pelabuhan laut, sehingga realisasinya juga harus diperjuangkan.

Namun, untuk merealisasikan KEK dinilai sulit apabila belum ada pelabuhannya. Hal ini terkait dengan harapan investor yakni adanya jaminan transportasi dan bebas pajak.

"Prioritas kami pelabuhan dan KEK, tapi pelabuhannya dulu dan bersamaan itu baru KEK," tandasnya.

Dengan demikian, proses pengalihan ke KEK Tanjung Carat bisa dilakukan dengan syarat KEK Tanjung Api-Api dicabut terlebih dulu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.