Kompas.com - 18/01/2022, 21:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah tengah mempersiapkan berbagai hal terkait pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim).

Rencananya pemindahan IKN akan dilaksanakan pada Semester I-2024. Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahkan telah menyetujui nama IKN baru yakni Nusantara.

Hal ini kemudian diperkuat dengan payung hukum berubah Undang-undang (UU) IKN yang baru saja disahkan DPR RI, Selasa (18/01/2022).

Selain aturan dan aparatur pemerintah, satu lagi komponen yang sangat perlu disiapkan adalah pembangunan infrastruktur.

Baca juga: Jadi Daerah Khusus, IKN Nusantara Dipimpin Kepala Otorita

Pasalnya, seluruh pusat kegiatan pemerintah akan pindah ke IKN Nusantara, sehingga infrastruktur baru dapat menyokong jalannya roda pemerintahan.

Berikut beberapa infrastuktur yang akan dibangun di IKN Nusantara.

1. Istana Negara

Istana Negara adalah infrastruktur utama yang wajib dipersiapkan karena Presiden dan Wakil Presiden pada 2024 mendatang akan bermarkas di sini.

Desain Istana berupa metafor Burung Garuda dikerjakan langsung oleh senimal asal Bali, Nyoman Nuarta. Desain istana ini sudah mendapatkan persetujuan dari Presiden Jokowi.

Pada awalnya, kompleks Istana Negara akan dibangun di atas lahan seluas 55 hektar. Namun, Presiden Jokowi meminta luasnya ditambah untuk mengakomodasi ruang terbuka hijau (RTH) berupa botanical garden yang lebih besar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.