Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Mal Sarinah Bisa Dikunjungi Mulai Maret 2022

Kompas.com - 04/01/2022, 17:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gedung Sarinah yang merupakan pusat perbelanjaan pertama dan tertua di Indonesia akan kembali dibuka pada Maret 2022.

"Rencana bulan Maret (2022 dibuka)," jelas Direktur Utama PT Sarinah (Persero) Fetty Kwartati singkat kepada Kompas.com, Selasa (4/1/2022).

Hingga saat ini, kata Fetty, progres konstruksi gedung Sarinah sudah mencapai 100 persen dan sedang dilakukan proses general cleaning (pembersihan) dan fitting-out (perapihan).

Pasca-renovasi, gedung Sarinah akan memiliki banyak perbedaan dibandingkan bentuk lamanya karena lebih fresh dan modern.

Dari sisi bisnis, Sarinah yang dulunya hanya dikenal sebagai department store, saat ini memiliki banyak sekali fasilitas ruang atau area yang dapat dimanfaatkan oleh banyak orang.

Area terbaru yang ada di Gedung Sarinah seperti food and beverage (F&B), digital bisnis area (e-commerce), dan juga ruang budaya.

Selain itu, sebagian bangunan Gedung Sarinah juga masih tetap digunakan untuk area perkantoran.

Baca juga: Terapkan Prinsip Berkelanjutan, Gedung Sarinah Bakal Jadi Green Building  

Proses transformasi yang dilakukan Sarinah tidak akan menghilangkan citra dirinya sebagaimana dibangun dari ide Soekarno.

Sebaliknya, citra Sarinah justru ingin dipertegas menjadi pusat perdagangan dan promosi, serta duta bagi barang-barang lokal Indonesia di dunia internasional. 

Dengan transformasi ini, Sarinah tampil sebagai nation brand yang mengedepankan kekayaan budaya bangsa Indonesia di dunia internasional melalui produk-produk yang dikembangkan dan dipasarkan.

Sarinah pertama kali muncul saat perubahan besar dan pergolakan terjadi di Indonesia yaitu tahun 1966 silam.

Momentum tersebut merupakan transisi dari Orde Lama ke Orde Baru untuk mempromosikan barang-barang dalam negeri.

Bersamaan dengan proses transformasi ini, laju perubahan masa Pandemi Covid-19 hingga akhirnya memaksa Sarinah terus berinovasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com