Lebih dari Sejuta Kendaraan Lintasi Tol Trans-Sumatera Saat Libur Natal-Tahun Baru

Kompas.com - 04/01/2022, 14:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Meski pandemi Covid-19 masih melanda hingga kini, minat masyarakat untuk bepergian pada Libur Natal dan Tahun Baru tak surut.

Faktanya, tercatat sebanyak 1.055.132 kendaraan melintas dari arah Pulau Jawa menuju Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) pada Rabu (22/12/2022) hingga Kamis (23/12/2022).

Perhitungan tersebut merupakan akumulasi dari total volume lalu lintas seluruh ruas JTTS yang dikelola oleh Hutama Karya.

Ini juga disebut menjadi lonjakan lalu lintas paling tinggi pada masa Libur Natal dan Tahun Baru 2021.

Baca juga: Ini Saldo E-Toll yang Harus Disiapkan Saat Lintasi Tol Trans-Sumatera

Adapun puncak kendaraan yang masuk ke area jalan tol tersebut berada di gerbang tol Bakauheni Selatan dengan total sebanyak 7.328 kendaraan yang melintas.

Hal serupa juga berlaku untuk arus balik ke Pulau Jawa di gerbang tol yang sama pada hari Minggu (2/1/2022) dengan total kendaraan yang melintas sebanyak 6.488 buah.

“Puncak arus kendaraan yang masuk ke JTTS di gerbang tol Bakauheni Selatan terjadi sebelum perayaan Natal dan atus balik ke Pulau Jawa melewati gerbang tol yang sama pada hari Minggu kemarin dengan jumlah kendaraan sebanyak 6.488 kendaraan,” jelas Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro.

Oleh karena itu, Hutama Karya mengimbau seluruh pengguna jalan untuk mematuhi tata tertib yang belaku di jalan tol.

Persyaratan yang dimaksud meliputi memenuhi syarat batas kecepatan minimum dan maksimum yang telah ditentukan, tidak menggunakan bahu jalan kecuali keadaan darurat, beristirahat di rest area jika merasa lelah dan selalu mematuhi protokol kesehatan.

Tidak hanya itu, sebagai upaya untuk meminimalisasi penyebaran Covid-19, Hutama Karya melakukan pembangian 1.600 covid kit dengan goodie bag berisi 10 masker medis dan 1 handsanitizer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.