Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih Penutup Lantai Terbaik untuk Dapur Anda

Kompas.com - 04/01/2022, 15:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Real Homes

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur merupakan salah satu ruangan yang paling sering digunakan di rumah.

Bahkan saat ini, kegunaannya tak hanya untuk memasak namun juga untuk bersosialisasi hingga makan.

Karena itu, memilih lantai dapur yang tepat sangat penting dilakukan karena area ini sangat mudah kotor dan berminyak.

Baca juga: 5 Cara Bersihkan Lemari Dapur Agar Tetap Kinclong

Dari segi daya tahan dan pilihan pola yang beragam, Anda disarankan untuk memilih ubin sebagai penutup lantai dapur.

Tak hanya memiliki banyak pola, ubin juga terbuat dari beragam bahan sehingga bisa disesuaikan dengan desain dapur yang dimiliki.

Pilihan lainnya adalah kayu. Material ini bisa memberikan kesan hangat dan memberikan tekstur pada lantai dapur terutama di rumah tradisional dan kontemporer.

Namun, karena dapur sangat rentan terkena air dan membuat area tersebut lembap, Anda harus hati-hati saat memilih jenis lantai kayu.

Lantai kayu buatan lebih disarankan untuk dipasang di dapur daripada lantai kayu asli. Lantai kayu buatan memiliki permukaan yang kuat sehingga lebih tahan pada goresan dan tidak mudah melengkung.

Pilihan penutup lantai berikutnya yang juga cocok untuk area dapur adalah lantai laminasi. Keunggulan utama lantai ini dibandingkan dengan ubin dan kayu adalah harganya yang jauh lebih murah.

Lantai laminasi juga tahan terhadap paparan noda dan goresan sehingga ini menjadi alternatif yang bagus terlebih bila Anda kerap melakuka banyak aktivitas di dapur.

Bambu juga bisa menjadi pilihan penutup lantai yang Anda pilih. Material ini tahan lama, tahan air dan lebih hemat bila dibandingkan dengan harga material kayu asli.

Meskipun banyak penutup lantai yang tersedia, sesuaikanlah dengan desain dapur secara keseluruhan serta biaya yang Anda miliki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com