Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Bersihkan Lemari Dapur Agar Tetap Kinclong

Kompas.com - 29/12/2021, 06:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Bob Vila

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur merupakan salah satu area rumah yang sangat mudah kotor karena tak hanya terpapar debu, juga percikan makanan, uap masakan hingga tetesan minyak goreng.

Namun, kebanyakan orang fokus membersihkan wastafel, permukaan meja dan lantai saat membersihkan dapur hingga lupa pada lemari.

Padahal, lemari justru merupakan bagian yang paling banyak terpapar kotoran sehingga permukanya akan cepat kotor, kusam, atau bergaris.

Baca juga: Kerjakan Sekali Seminggu, Ini Tips Mengepel Lantai Dapur Bersih Maksimal

Untungnya, membersihkan lemari dapur bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan lemari di dapur.

1. Gunakan larutan pembersih yang lembut.

Hindari penggunaan pembersih abrasif dan sikat besi untuk membersihkan lemari di dapur. Penggosokan yang keras dapat merusak lapisan atau cat lemari dapur.

Sebagai gantinya, siapkan pembersih yang lembut dengan mencampurkan sabun pencuci piring dengan air panas dengan perbandingan 2:1.

Semprotkan cairan pembersih ke kain atau lap lembut hingga lembap namun tidak basah kuyup. Kain yang terlalu lembab justru akan merusak cat atau pelapis lemari Anda.

Kemudian bersihkan setiap pintu lemari dari atas ke bawah, beri perhatian ekstra pada setiap lekukan, di mana debu dan kotoran cenderung menumpuk.

Jangan lupa untuk mengelap gagang serta bagian dalam pintu lemari.

2. Gunakan bantuan sikat gigi bekas

Beberapa lemari memiliki lekukan yang dalam yang tidak bisa diakses oleh kain lap. Anda bisa memanfaatkan sikat gigi untuk membersihkan kotoran yang menempel.

Celupkan sikat gigi bekas ke dalam larutan pembersih dan gosok bagian yang sulit dijangkau. Jangan lupakan area di sekitar gagang dan tepi pintu lemari yang sulit dijangkau dengan lap.

3. Bilas dengan air bersih

Setelah Anda membersihkan lemari Anda, ulangi sekali lagi dengan kain bersih yang sedikit dibasahi dengan air hangat. Ini akan menghilangkan sisa larutan pembersih atau kotoran.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com