Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Natal, Tol Manado-Bitung Beroperasi Penuh

Kompas.com - 25/11/2021, 17:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum perayaan Natal 2021, Jalan Tol Manado-Bitung dipastikan sudah dapat beroperasi secara penuh.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Triono Junoasmono saat meninjau langsung progres penyelesaian tahap akhir Jalan Tol Manado-Bitung Seksi 2 (Danowudu-Bitung), Sabtu (20/11/2021).

Menurutnya, progres konstruksi Seksi 2 (Danowudu-Bitung) sepanjang 14 kilometer sudah mencapai 92,87 persen yang di okuskan pada Under Bridge Ranowolu.

“Untuk progress pembebasan lahan sudah 97,63 persen. Sehingga total Panjang Jalan Tol Manado-Bitung adalah 39,5 kilometer,” ujar Triono seperti dikutip dari laman resmi BPJT.

Baca juga: Akhir 2022, Sistem Transaksi Non-Tunai MLFF Diterapkan di 40 Ruas Tol

Jalan Tol Manado-Bitung terdiri dari dua seksi. Seksi I (ring road Manado-Sukur-Airmadidi) sepanjang 14 kilometer dan Seksi 2A (Airmadidi-Danowudo) sepanjang 11,5 kilometer telah beroperasi sejak tahun lalu.

“Kami menargetkan konstruksi seksi 2B sudah selesai awal bulan Desember. Selanjutnya akan dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) sehingga bisa beroperasi pada minggu ketiga Desember, sebelum hari Natal dan Tahun Baru," papar Triono.

Ia juga menjelaskan untuk pemantauan progres kontruksi Jalan Tol Manado-Bitung seksi 2B ini, BPJT dibantu Tim BPJN Sulawesi Utara, agar hasil pekerjaan baik dan selesai sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan.

Jalan Tol Manado-Bitung merupakan jalan tol terpanjang yang ada di Pulau Sulawesi. Bila seluruh ruas Jalan Tol Manado-Bitung beroperasi akan memangkas waktu tempuh Manado-Bitung dari 1,5 jam menjadi setengah jam saja.

Penghujung dari Jalan Tol Manado-Bitung seksi 2B ini tepat berada di persimpangan Pelabuhan Bitung, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kelancaran jalur logistik.

Jalan tol ini juga memiliki peran penting sebagai akses untuk mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas Manado-Bitung-Likupang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com