Kompas.com - 25/11/2021, 17:00 WIB
Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Triono Junoasmono meninjau langsung progress penyelesaian tahap akhir  Jalan Tol Manado - Bitung seksi 2 (Danowudu ? Bitung) pada Sabtu (20/11/2021). BPJTSekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Triono Junoasmono meninjau langsung progress penyelesaian tahap akhir Jalan Tol Manado - Bitung seksi 2 (Danowudu ? Bitung) pada Sabtu (20/11/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum perayaan Natal 2021, Jalan Tol Manado-Bitung dipastikan sudah dapat beroperasi secara penuh.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Triono Junoasmono saat meninjau langsung progres penyelesaian tahap akhir Jalan Tol Manado-Bitung Seksi 2 (Danowudu-Bitung), Sabtu (20/11/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurutnya, progres konstruksi Seksi 2 (Danowudu-Bitung) sepanjang 14 kilometer sudah mencapai 92,87 persen yang di okuskan pada Under Bridge Ranowolu.

“Untuk progress pembebasan lahan sudah 97,63 persen. Sehingga total Panjang Jalan Tol Manado-Bitung adalah 39,5 kilometer,” ujar Triono seperti dikutip dari laman resmi BPJT.

Baca juga: Akhir 2022, Sistem Transaksi Non-Tunai MLFF Diterapkan di 40 Ruas Tol

Jalan Tol Manado-Bitung terdiri dari dua seksi. Seksi I (ring road Manado-Sukur-Airmadidi) sepanjang 14 kilometer dan Seksi 2A (Airmadidi-Danowudo) sepanjang 11,5 kilometer telah beroperasi sejak tahun lalu.

“Kami menargetkan konstruksi seksi 2B sudah selesai awal bulan Desember. Selanjutnya akan dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) sehingga bisa beroperasi pada minggu ketiga Desember, sebelum hari Natal dan Tahun Baru," papar Triono.

Ia juga menjelaskan untuk pemantauan progres kontruksi Jalan Tol Manado-Bitung seksi 2B ini, BPJT dibantu Tim BPJN Sulawesi Utara, agar hasil pekerjaan baik dan selesai sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan.

Jalan Tol Manado-Bitung merupakan jalan tol terpanjang yang ada di Pulau Sulawesi. Bila seluruh ruas Jalan Tol Manado-Bitung beroperasi akan memangkas waktu tempuh Manado-Bitung dari 1,5 jam menjadi setengah jam saja.

Penghujung dari Jalan Tol Manado-Bitung seksi 2B ini tepat berada di persimpangan Pelabuhan Bitung, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kelancaran jalur logistik.

Jalan tol ini juga memiliki peran penting sebagai akses untuk mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas Manado-Bitung-Likupang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.