Kompas.com - 11/11/2021, 11:00 WIB
Bendungan Pamukkulu. Kompas.com/Suhaiela BahfeinBendungan Pamukkulu.

MAKASSAR, KOMPAS.com - Jika pembangunannya rampung nanti, Bendungan Pamukkulu di Sulawesi Selatan dapat menaikkan level indeks pertanaman (IP) dari 150 persen menjadi 250 persen untuk tanaman padi-padi-palawija.

Sehingga, para petani bisa mengalami panen hingga tiga kali dalam setahun.

Sebelumnya, sistem irigasi ini hanya mampu untuk mengairi padi dan palawija. Hal itu disebabkan karena terjadinya fenomena kekurangan air.

Sehingga, terdapat satu musim dalam setahun yang membuat petani tidak dapat mengalami panen padi.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan Jeneberang Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Adenan Rasyid saat press tour, Rabu (10/11/2021).

"Ini kan luar biasa ya. Jadi, mereka menanam padi sekali sama palawija dalam setahun, sekarang bisa (panen) padi-padi-palawija," terang Adenan.

Selain irigasi, bendungan ini juga memiliki manfaat lainnya seperti penyediaan air baku Kota Takalar sebesar 160 liter per detik, pengendali banjir, dan konservasi SDA.

Kemudian, Pamukkulu juga dapat berfungsi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) 4,3 megawatt (MW), serta pengembangan pariwisata.

Saat ini, pihaknya tengah mengupayakan agar Bendungan Pamukkulu bisa tuntas dibangun sebelum habisnya masa kontrak atau tahun 2023.

Baca juga: Pembangunan Bendungan Rp 1,6 Triliun di Sulsel Dipercepat

“Jadi, ada semangat percepatan (penyelesaian) di situ. Bisa kok, saya yakin bisa lah,” ungkap Adenan optimistis.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.