Kompas.com - 22/10/2021, 12:00 WIB
Ketua Tim Pelaksana KPPIP Wahyu Utomo meninjau langsung pelayanan KA Akses Bandara pada Kamis (21/10/2021).  Dok. KPPIPKetua Tim Pelaksana KPPIP Wahyu Utomo meninjau langsung pelayanan KA Akses Bandara pada Kamis (21/10/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Tim Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Wahyu Utomo mengungkapkan, terdapat dua Proyek Strategis Nasional (PSN) di sekitar Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah beroperasi komersial.

"PSN ini tercantum dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 109 Tahun 2021. Dua di antaranya sudah selesai dan beroperasi,” kata Wahyu dalam keterangan tertulis, Jumat (22/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Keduanya adalah Bandar Udara Baru Internasional Yogyakarta-Kulon Progo, serta Kereta Api (KA) Akses Bandar Udara Baru Yogyakarta-Kulon Progo.

KA Akses Bandara Baru Yogyakarta-Kulon merupakan bagian dari jalur KA Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) ke KA Jawa Selatan sepanjang 5,4 kilometer.

Proyek kereta api ini akan terhubung langsung dengan Kota Yogyakarta yang bisa ditempuh selama 40 menit.

"Ini lebih cepat dibandingkan jika menggunakan mobil yang memakan waktu sekitar 90 menit," terang Wahyu.

Baca juga: Jalur Kereta Api Ditargetkan Bertambah 64 Kilometer hingga Akhir 2021

Sebelum track baru selesai dibangun, KA Bandara telah beroperasi dengan rute Stasiun Maguwo-Stasiun Wojo sejak Mei 2019.

Wahyu mengungkapkan, jumlah penumpang rata-rata per hari mencapai 40 orang saat sebelum Pandemi Covid-19) dengan 24 trip (perjalanan). 

Dalam pengoperasiannya, penumpang harus berganti moda ke shuttle bus dari Stasiun Wojo ke bandara.

KA YIA ini beroperasi secara komersial dengan tarif Rp 10.000 (Wates-Tugu Yogyakarta) atau Rp 20.000 (Tugu Yogyakarta/Wates-YIA) sejak 17 September lalu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.