Kompas.com - 05/10/2021, 06:30 WIB
Arena dayung PON XX Papua. Kementerian PUPRArena dayung PON XX Papua.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemegahan dan hegemoni penyelenggaraan PON XX Papua menunjukkan kesiapan sarana infrastruktur yang memadai.

Sarana infrastruktur yang mendukung perhelatan PON XX Papua tersebut dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Wamen PUPR John Wempi Wetipo mengatakan, meski sempat terhambat Covid-19, Kementerian PUPR telah berupaya dan berhasil menjamin kesiapan infrastruktur di Papua untuk menyokong penyelenggaraan PON XX Papua tahun ini.

Beberapa infrastruktur yang dibangun antara lain Jembatan Youtefa, Pos Lintas Batas Negara (PLBN), jalan, serta venue olahraga.

"Selain itu, kami juga bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk membenahi berbagai kawasan wisata di Papua," kata Wempi yang dikutip dari Antara, Senin (04/20/2021).

Baca juga: Akan Dibangun Papua Youth Creative Hub, Intip Fasilitas Lengkapnya

Sehingga harapannya para atlet PON dapat menyaksikan secara langsung bahwa pembangunan di Papua tidak kalah dengan provinsi lainnya.

Demi mendukung penyelenggaraan PON XX Papua, Kementerian PUPR telah membangun 7 venue olahraga, meliputi arena Akuatik dan Istora Papua Bangkit di Kampung Harapan Distrik Sentani Timur.

Kemudian, arena Cricket dan Lapangan Hoki (Indoor dan Outdoor) di Kampung Doyo Baru Distrik Waibu.

Serta, tiga venue lainnya, yakni arena Sepatu Roda di daerah Bumi Perkemahan Waena, arena Dayung di atas Teluk Youtefa, dan arena Panahan di Kampung Harapan Distrik Sentani Timur.

Selain membangun 7 venue olahraga, Kementerian PUPR juga telah membangun berbagai sarana infrastruktur lainnya. Termasuk infrastruktur konektivitas untuk mempermudah aksesibilitas dan mobilitas di Papua.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.